Contoh skenario film pendek dan format skenario

Contoh skenario film pendek dan format skenario

Untuk membuat sebuah skenario film pendek di butuhkan kesiapan yang matang dari cerita film tersebut, agar skenario mudah di pahami oleh semua talent dan crew.  Oke langsung aja kita akan bahas tentang format skenario terlebih dahulu setelah itu anda bisa melihat contoh skenario film pendek.

Format skenario

  • Skenario di tulis dengan font courier new dengan size 12
  • Ukuran kertas yang dipakai adalah A4 (“8,5 X 11”)
  • Line spacing 1
  • Margin kiri 1,5” dan margin kanan 0,5 sampai 1”
  • Nomor halaman di kanan atas
  • Dengan format ini estimasi 1 halaman akan berdurasi 1 menit

Tahap membuat skenario

  • Premis : hal yang pertama dalam membuat skenario adalah penentuan premis ,premis adalah awal ide dari sebuah skenario, yang diletakkan di atas synopsis. Premis hanya mengandung 1 atau 2 kalimat yang dapat mewakilkan alur cerita dalam sebuah skenario.

Contoh : judul ada apa dengan cinta? premisnya cinta tidak berhasil menipu dirinya, kalau dia memang mencintai seseorang, dan dia baru mengungkapkanya saat orang itu hampir pergi jauh.

  • Synopsis : berbeda dengan premis ,synopsis terdiri dari beberapa paragraf yang mengandung ringkasan dalam sebuah cerita, yang kita ceritakan kembali dengan singkat dan jelas, ini juga berguna sebagai alur dan patokan skenario.
  • Treatment (scene plot) : adalah sebuah patokan dalam film tersebut, scene plot dalam skenario adalah inti alur dari cerita seperti : awal permasalahan, pokok permasalahan, dan penyelesaian masalah tersebut.

Format isi skenario :

Scene heading adalah sebuah format yang menerangkan dan menjelaskan bagi pembaca skenario, dalam scene heading terdapat keterangan tempat, waktu,adegan dan pemain atau talent. Dalam scene heading di awalai nomor scene lalu EXT( lokasi tempat syuting) ,setelah dikuti dengan waktu/adegan dan talent yang terlibat.

Contoh : EXT. 01 / APARTEMENT / INT.RUANG TAMU/ SORE HARI

Di bawah scene heading kita juga menyisipkan Action atau adegan dalam Scene tersebut, kita juga memasukan nama talent dan adegan yang harus dilakukan oleh talent.

Contoh :

Talent :

  • Lutfi as NICK
  • Sheryl as INEZ
  • Tommy as TOMMY

ACT: Sore hari di kamar NICK, INEZ dan TOMMY merayakan ulang tahun nick yang ke 17 dengan membawa kue ulang tahun dan kado untuk NICK.

Np : Nama karakter atau tokoh ditulis dengan huruf besar

Penulisan dialog di tempatkan lebih menjorok ke dalam, Contoh :

EXT. 01 / SORE HARI /KAMAR BASIT

Sore hari di kamar basit, inez dan tommy merayakan ulang tahun nick yang ke 17 dengan membawa kue ulang tahun dan kado untuk nick.

(Inez dan tommy menyanyikan lagu selamat ulang tahun sambil memegang kue)

INEZ & TOMMY : Happy birthday to you, happy birthday to you, happy birthday, happy birthday, happy birthday to yooouuuuuuuu…. Yeahhhhhhh!!!!

INEZ                 : ayo dong nick tiup lilinya, nanti jadi ager loh!

TOMMY            : iya nick ,buruan nii mau gue poto.

NICK                 : gue ga mau guys kalo niup lilinya Cuma sendirian, gue mau nya bareng-bareng sahabat gue tercinta

 

Setelah mengetahui format yang terdapat dalam skenario, di bawah ini adalah contoh dari skenario film pendek.

CONTOH SKENARIO FILM PENDEK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *