Definisi Jquery dan Fungsinya

Definisi Jquery dan Fungsinya

Definisi Jquery adalah sebuah sistem atau perangkat lunak javascript yang berguna untuk mengembangkan sebuah website. Jquery merupakan sistem yang powerfull untuk membuat animasi. Pada intinya Jquey adalah javascrip multiplatform yang berguna untuk menyusun client side script pada sebuah HTML. Lebih dari sepuluh ribu website menggunakan sistem ini di seluruh dunia karena sistem ini merupakan paling populer saat ini. Perangkat lunak ini dikembangkan untuk para developer website untuk menyeleksi elemen DOM, mengatur dokumen, membangun aplikasi, menjalankan event dan menerapkan sebuah animasi seperti yang disebutkan di atas. Pengembangan website menggunakan Jquery dilengkapi dengan berbagai fitur.

Definisi Jquery dan Apa saja Fungsinya

Developer yang menggunakan Jquery mampu membuat berbagai macam plugin dengan basis Javascript. Plugin yang diciptakan mampu menyusun abstraksi untuk aplikasi animasi sederhana dan juga menciptakan efek pada website. Selain itu, Jaquery memberikan sebuah pandangan baru dalam penanganan Javascript.

definisi Jquery

Setelah mengetahui definisi Jquery di atas, maka Anda harus tahu fungsi dari perangkat lunak berbasis Javascript ini agar Anda mampu mengaplikasikannya dalam sebuah website. Fungsinya antara lain, sebagai berikut:

Fungsi Jquery

  • Jquery mempermudah Anda dalam memanipulasi elemen, sehingga memudahkan Anda dalam menciptakan sebuah animasi yang bisa disesuaikan dengan programernya. Hal ini memungkinkan developer atau programer untuk menciptakan widget
  • Jquery mampu mengatasi permasalahan kompatibilitas antar browser. Diketahui bahwa Javascript pada setiap browser memiliki perbedaan, hal ini menyebabkan script yang beroperasi pada satu browser tertentu bisa saja gagal di browser lainnya. Fungsi Jquery adalah untuk mengatasi segala bentuk inkonsistensi antar browser. Jenis browser yang didukung oleh Jquery antara lain Google Chrome, Opera, Safari dan Firefox untuk versi 1.x atau versi 2.x. Internet Explorer didukung oleh versi 1.x, namun versi 2.x tidak mendukung Internet Explorer 6 sampai 8.
  • Jquery mampu memisahkan HTML dan Javascript. Software ini dengan efektif menangani berbagai event menggunakan script JS. Plugin yang dimiliki oleh libaray ini memiliki fungsi lanjutan yaitu untuk membuat efek image carousel, slideshow dan Jquery mobile.
  • Seperti yang telah disebutkan dalam definisi Jquery yang mampu menjalankan even dan elemen pada sebuah browser, software ini juga mendukung pengembangan framework dengan mudah dan sederhana.
  • Jquery memiliki fungsi untuk mengoperasikan jalannya data tanpa melakukan refresh, atau biasa disebut dengan AJAX.

Itulah definisi Jquery yang bisa diketahui. Selain itu, fitur-fitur yang dimiliki oleh Jquery antara lain Sizzle yakni sebuah software multiplatform yang memiliki sumber terbuka sebagai penyeleksi elemen DOM, AJAX, animasi efek, JSON yang berfungsi sebagai penguraian dan multi browser. Dengan fitur tersebut, tidak diragukan lagi jika Jquery sangat populer dan menjadi pilihan bagi para pemula maupun profesional.

Jquery juga hadir dalam platform yang dibuat oleh Nokia dan Microsoft. Software ini masuk dalam visual studio milik Microsoft dan menggunakannya dalam ASP.NET MVC dan ASP.NET AJAX, sedangkan untuk Nokia diaplikasikan untuk pengembangan widget Run Time. Untuk mendapatkan Jquery, Anda bisa mengunduh di website resminya. Sedangkan pengembangan dan pembangunan Jquery berada di Jquery Foundation. Anda bisa mendapatkan dengan mudah karena merupakan jenis software open source.

Sebagai tambahan informasi, Jquery pertama kali dikembangkan pada tahun 2006 oleh John Resig. Seiring perkembangan teknologi, Jquery dipakai oleh banyak developer dan menjadi populer di seluruh dunia. Dari informasi definisi Jquery tersebut, Anda sudah memiliki pilihan yang tepat dalam memilih perangkat lunak untuk mengembangkan website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *