Fakta Menakjubkan Tubuh Manusia

Fakta Menakjubkan Tubuh Manusia

Banyak fakta tersembunyi yang menakjubkan dalam tubuh manusia yang mungkin belum kita tahu. Kita patut bersyukur karena manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna. Namun banyak dari kita yang justru tidak mensyukuri apa yang sudah diberikan Tuhan kepada kita.

tubuh manusia

Berikut ini beberapa fakta menakjubkan tubuh manusia yang penulis kutip dari berbagai sumber.

Fakta Menakjubkan Tubuh Manusia

  1. Jantung adalah bagian tubuh yang selalu bekerja keras sepanjang hari. Setiap hari jantung menciptakan energi yang bisa menggerakkan sebuah kereta sepanjang 30 km. Sepanjang hidup itu sama dengan jarak dari bumi ke bulan, pulang pergi.
  2. Selama hidup, manusia bisa menghasilkan air liur yang bisa mengisi 2 kolam renang ukuran sedang.
  3. Hidung Anda memiliki kemampuan mencium lebih dari 50.000 jenis aroma yang berbeda.
  4. Sel darah merah bisa membuat perjalanan ke seluruh bagian tubuh hanya dalam 20 detik.
  5. Jika Bumi adalah planet yang datar, maka tanpa benda yang terhalang di depan, mata Anda bisa melihat dengan jelas hingga jarak 48 kilometer.
  6. 90 persen cell manusia berasal dari jamur dan bakteri.
  7. Setiap tubuh manusia dewasa terdiri dari 7 octillion atau jika dijabarkan adalah 7.000.000.000.000.000.000.000.000.000 atom.
  8. Otak terdiri dari 60 persen lemak, tapi bagian tubuh ini juga bekerja keras sepanjang hari. Setiap saat, setiap waktu bagian tubuh ini bisa menghasilkan tenaga setara 25 watt yang bisa menyalakan sebuah bola lampu.
  9. Mata manusia bisa membedakan 10 juta warna berbeda dalam satu waktu.
  10. Di planet ini, tubuh manusia dirancang sebagai makhluk yang paling kuat berlari dalam jarak jauh. Jutaan tahun lalu, manusia selalu berlari mengejar mangsa atau menghindari mangsa. Manusia purba kuat berlari hingga mereka sangat lelah dan meninggal.
  11. Tubuh manusia sebenarnya dapat bersinar di dalam gelap, sayangnya mata manusia tidak dapat melihat cahaya itu.
  12. Bayi memiliki tulang 60 buah lebih banyak dibanding orang dewasa.
  13. Otak akan mengeluarkan banyak hormon bahagia bahkan rasanya mirip kecanduan narkoba dengan sensasi melayang saat seseorang sedang jatuh cinta. Jadi benar pepatah yang mengatakan bahwa jatuh cinta berjuta rasanya dan bisa membuat seseorang ‘bodoh’.
  14. Kulit selalu memperbaharui diri. Setiap menit 50,000 sel kulit rontok sepanjang hari. Seumur hidup itu setara dengan 18.1 kg kulit.
  15. Otak kita selalu bekerja. Para peneliti mengatakan rata-rata otak kita berpikir 70,000 kali dalam sehari — dan sebenarnya lebih aktif justru saat tertidur.
  16. Saat lahir kita mempunyai 300 tulang, tapi saat dewasa kita hanya mempunyai 206 tulang. Ini karena beberapa tulang bergabung menjadi satu.
  17. Otak sendiri tidak bisa merasakan sakit dan juga merasakan apapun, itulah sebabnya dokter bisa membuka tengkorak pasien untuk melihat otak saat sang pasien tersadar.
  18. Sepanjang hidup rata-rata jantung memompa 1.5 juta barel darah. Jantung manusia bisa memompa darah ke atas setinggi 9.1 meter.
  19. Otot di bagian rahang manusia adalah otot yang paling kuat dibanding otot lainnya.
  20. Kekuatan superkomputer Blue Gene yang katanya sangat hebat itu hanya mencakup 0,02 dari seluruh kemampuan otak manusia.
  21. Setiap detik, tubuh Anda memproduksi 2 juta sel baru.
  22. Otak manusia memungkinkan membaca 1.000 kata dalam 1 menit.
  23. Bersin bisa meluncur 64 km/jam. Itu sama dengan kecepatan lari seekor harimau.
  24. Jika pembuluh arteri, vena dan kaplier dibentangkan dari ujung ke ujung, panjangnya bisa mencapai 10,000 km. 
Jika kita merenungkan fakta mengagumkan ini, mungkin sudah sepatutnya kita agar dapat memperkuat keimanan dan ketakwaan kita kepada Yang Maha Kuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *