Fenomena Karya Anak Bangsa Yang Di Abaikan Oleh Pemerintah

Fenomena Karya Anak Bangsa Yang Di Abaikan Oleh Pemerintah

Entah berapa banyak karya anak bangsa negeri ini yang seharusnya bisa mendunia tapi malahan terabaikan bahkan di anggap sampah oleh negaranya sendiri, dan tidak jarang justru karya mereka lebih di apresiasi oleh tetangga atau negara lainnya.

Terhalang dengan kepentingan penguasa dan dipersulit dengan persyaratan yang harusnya bisa didukung, membuat karya anah bangsa yang susah payah mereka buat menjadi sampah. Sebut saja satu nama seperti Ricky Elson si pembuat supercar bertenaga listrik, yang ia kembangkan bersama tim kupu-kupu malam asal jogja.

karya anak bangsa yang di abaikan c

“Selo” adalah nama yang disematkan oleh Ricky untuk supercar bertenaga listrik tersebut, namun sayang izin produksi dan jalannya tidak diberikan oleh pihak yang memilki wewenang. Dan kabar yang sedang beredar, Yang membuat kuping bangsa ini panas adalah bahwa “Selo” sedang di akuisisi oleh negara tetangga.

Selain Ricky elson yang karyanya di anggap remeh oleh negara ini, masih banyak karya-karya asli anak bangsa yang tidak di apresiasi. Dan berikut adalah sedikit ulasannya.

Karya Anak Bangsa Yang Di Abaikan

1 ) Muhammad Nurhuda

karya anak bangsa yang di abaikan 1

Dikutip dari teropongsenayan.com karya anak bangsa yang di abaikan yang pertama adalah kompor ramah lingkungan yang diciptakan oleh seorang dosen. Muhammad Nurhuda nama lengkapnya sudah melakukan penilitian tenang kompor biomasa yang ramah lingkungan, yang jauh lebih baik dari pada kompor minyak yang ada saat ini.

Dosen Fakultas MIPA di Universitas Brawijaya (UB) ini sudah melakukan pengujian dan praktek lapangan soal kompor biomassa buatannya. Namun sayangnya hasil karyanya tidak di apresiasi oleh masyarakat dan tidak dapat dukungan dari pemerintah. Dan ironisnya sekarang kompor biomassa tersebut di produksi di norwegia dan beberapa negara lainnya.

2 ) Siswa SMK Muhammadiyah Gondanglegi Kabupaten Malang

karya anak bangsa yang di abaikan 2

Mungkin kata yang cocok untuk karya anak bangsa ini bukannya terabaikan, tapi belum mendapatkan perhatian dan dukungan serius dari pemerintah. siswa SMK Muhammadiyah Gondanglegi Kabupaten Malang berhasil membuat Micro Bus bertenaga surya, yang diberi nama suryawangsa 2. Micro bus berpenumpang 5 orang ini telah di uji coba jalan dari malang menuju jakarta, yang izin uji cobanya diberikan oleh Anis Baswedan selaku Menteri pendidikan.

Dikutip dari redaksi.co.id bahwa pemerintah sudah menggandeng merk mobil asal Malaysia, untuk bekerja sama dan mengembangkan proyek tersebut dengan anak SMK Muhammadiyah Gondanglegi. Namun sampai saat ini usaha pemerintah belum ada kelanjutan, tapi walaupun begitu Para Siswa masih tetap bersemangat untuk mengembangkan suryawangsa 2 dengan mandiri.

3 ) Ali Zhum Massar

karya anak bangsa yang di abaikan 3

Seorang ilmuwan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) ini adalah seorang penemu mikroba yang mampu mengembalikan kondisi kesuburan tanah. Mikroba yang ditemukannya tersebut akan dimasukan ke sebuah pupuk ciptaanya yang diberi nama P2000Z, yang ia ciptakan dan kembangkan.

Menurut website efekgila.com temuan itu tidak mendapatkan tanggapan dari Indonesia, namun bukan berarti ilmuwan asal IPB tersebut putus asa. Walaupun penemuannya tidak di anggap di Indonesia, tetapi dia berhasil menyita perhatian pemerintah Dubai. Alhasil Zhum massar dan pupuk temuanya tersebut dibawa ke dubai, untuk menyuburkan kondisi tanah mereka yang kering dan tandus.

Demikian adalah ulasan dari beberapa karya anak bangsa yang di abaikan, tapi justru sukses di luar negeri. Bahkan tidak sedikit yang karyanya di permanenkan di luar negeri, selain Ricky elson, Ali Zhum massar dan Muhammad Nurhuda, masih banyak para penemu, ilmuwan asal negeri ini yang karya dan ciptaannya di apresiasi di luar negeri.

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *