Inilah Alasan Kenapa Internet Kamu Lambat

Inilah Alasan Kenapa Internet Kamu Lambat

Seperti kita ketahui kecepatan internet di negara kita masih tertinggal dari negara-negara maju ataupun negara berkembang seperti negara tetangga misalnya. Setiap provider yang ada di Indonesia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam hal kecepaan internet. Kecepatan internet sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor. Sebelum kamu mengeluh dengan kecepatan internet modem kamu, ada baiknya tahu kenapa internet kita lelet atau lambat. Berikut semutijo akan beberkan beberapa alasan kenapa kecepatan internet kamu lambat.
Internet Lambat

Alasan Internet Lambat

1. Kepadatan pengguna dalam satu wilayah

Tahukah kamu? Pengguna internet di Indonesia jumlahnya jutaan tersebar di berbagai pelosok tanah ait. Jadi jangan heran, pada waktu tertentu, kalau kepadatan pengguna akan mempengaruhi kecepatan internet kamu.
Internet bandwith lebih mudah dianalogikan dengan kondisi jalan tol. Saat jam-jam sibuk, kondisi Begitu juga sebaliknya, saat jam normal (bukan jam sibuk), setiap kendaraan dapat melaju sebagaimana mestinya. Hal inilah yang terjadi pada kecepatan internet anda. Di lain pihak, tidak memungkinkan bagi provider untuk memperlebar “jalan tol” tersebut karena pada saat tertentu jalan tersebut akan terlalu sepi (tidak ekonomis).
Semua provider internet hampir dapat dipastikan seperti itu. maka itulah yang sering menjadi penyebab internet lambat. 

2. Teknologi yang tersedia di satu wilayah

Dengan berpedoman pada hasil survei, riset, dan analisa yang telah dilakukan, provider internet telah dirancang sedemikian rupa untuk memberikan kepuasan berinternet para pelanggan. Layaknya operator telekomunikasi mereka memanfaatkan Base Transceiver Station (BTS) yang memiliki beberapa Carrier Sector (CS) untuk mengangkut sinyal-sinyal.
Secara teknis, idealnya, untuk 1 Carrier Sector (CS) dalam satu BTS (Base Transceiver Station) dapat didapatkan kecepatan internet yang optimal jika layanan internet digunakan oleh kurang dari 30 pengguna atau 210 pengguna (dalam 1 BTS) dalam waktu yang bersamaan. Jadi, kalau dalam satu BTS terdapat tiga CS, maka untuk mendapatkan kecepatan yang optimal, banyaknya pengguna yang mengakses layanan internet kurang-lebih 90 orang secara bersamaan. Banyaknya CS yang ada dalam satu BTS tergantung pada kepadatan penduduk di suatu area.
Jika kamu merasa ada di area dekat BTS dengan CS yang banyak dan internet kamu masih lelet, kemungkinan besar sedang padat pengguna dan jumlah CS yang ada di BTS tersebut tidak terlalu banyak. Coba dicek juga faktor-faktor lain yang akan dijelaskan setelah ini.

3. Topografi

Topografi ialah bentuk dataran suatu daerah. Teknologi internet telah dirancang agar dapat mencapai kecepatan maksimal setiap saat dan sesuai dengan topografi di satu daerah. Berbagai data dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa teknologi ini merupakan frekuensi radio selular, yang untuk mendapatkan kecepatan maksimal, akan lebih baik diterima di dataran terbuka dan luas serta tidak terlalu banyak perbukitan, lembah, gunung, atau gedung-gedung tinggi.
Itu berarti, kecepatan internet akan melambat apabila topografi di suatu area banyak perbukitan dan lembah-lembah yang dapat menghambat penerimaan sinyal frekuensi radio selular pada perangkat pengguna (signal blocking) .
Tidak semua daerah atau wilayah menangkap jaringan internet tertentu dengan baik sehingga berpengaruh pada sinyal yang di dapat. Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu mencari lokasi yang lebih baik agar mendapat sinyal yang lebih baik.

4. Lokasi pengguna

Tak jauh berbeda dengan penjelasan topografi, lokasi kamu sebagai pengguna saat berselancar di dunia maya juga dapat mempengaruhi kecepatan internet yang dinikmati. Kecepatan maksimal akan lebih mudah didapatkan saat kamu berada di luar ruangan atau ruangan terbuka dengan dataran luas tanpa hambatan. Jika kamu berada di dalam ruangan, sinyal frekuensi radio selular akan terhambat untuk masuk, terutama jika ruangan tersebut tersekat dua dinding atau lebih dari area luar ruangan.
Lazimnya, pada saat berada di dalam ruangan yang tidak memiliki penguat sinyal (indoor coverage), kamu bisa mendapatkan kecepatan yang diinginkan jika:
  1. Kamu tidak berada di bawah tanah (basement)
  2. Kamu tidak berada di tengah-tengah ruangan dalam suatu bangunan, dimana cenderung banyak sekat dinding yang menghambat masuknya sinyal
  3. Kamu tidak berada di gedung lebih dari lantai delapan
  4. Perangkat kamu tidak berada di posisi terlalu rendah atau tersembunyi (di bawah meja, di lantai, atau di saku)

Sedangkan pada saat di luar ruangan, kecepatan tersebut dapat dinikmati jika:
  1. Kamu tidak berada di gunung atau puncak yang tinggi
  2. Kamu tidak sedang dalam posisi bergerak dengan kecepatan tinggi (lebih dari 80 km/jam)

Jadi, jangan lupa pastikan lokasi dan posisi perangkat kamu aman untuk mendapat kecepatan internet yang maksimal.

5. Perangkat yang digunakan

Ya, perangkat yang kamu gunakan untuk mengakses layanan internet juga mempengaruhi kecepatan internet yang bisa kamu nikmati. Bagaimana hal ini bisa berkaitan? Ini jawabannya!
Layanan internet beberapa provider akan lebih baik diakses dengan menggunakan perangkat yang diproduksi oleh provider yang bersangkutan atau telah mendapatkan sertifikasi dari mereka. Perangkat yang kamu gunakan juga harus dalam keadaan normal, dengan kata lain dijaga dengan baik sehingga tidak sering hang atau terlalu panas (overheat) karena aktivitas yang terlalu banyak dilakukan bersamaan dalam perangkat tersebut. Bahkan, jika perangkat kamu digunakan tanpa henti selama 24 jam selalu terhubung dengan internet, maka kecepatan internet kamu juga dapat berkurang karena kondisi perangkat yang “kelelahan” sehingga tidak dapat bekerja dengan maksimal dalam menangkap sinyal internet.
Tak hanya itu, jika perangkat kamu sudah pernah dimodifikasi atau diubah-ubah, baik secara hardware ataupun software dan sistemnya, maka pihak provider tidak dapat lagi menjamin kamu bisa mendapatkan kecepatan internet yang diinginkan. Hanya perangkat yang diproduksi dan telah mendapatkan sertifikasi yang original yang dapat mengakses internet dengan kecepatan normal. 

6. Jenis layanan internet yang digunakan

Sangat penting untuk memilih layanan internet yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu. Pastikan kamu memilih jenis layanan internet yang memang sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Sebab, kesalahan dalam pemilihan layanan internet dapat membuat kamu emosi sendiri. Misalnya saja, layanan standar internet unlimited seharga Rp50.000 dengan kecepatan maksimalnya 512Mbps digunakan untuk menonton video di menonton video di Youtube atau streaming drama korea favorit kamu. Jelas, hal ini akan membuat kamu frustasi dengan kecepatan internet yang kamu rasakan.
Skenario lain yang kemungkinan terjadi saat kecepatan internet kamu turun drastis adalah kamu tidak sadar kalau kamu terkena FUP atau batas volume kuota harian untuk paket internet unlimited. Sebab, apabila kamu berlangganan paket internet unlimited, saat volume kuota kamu sudah habis, maka layanan internet kamu akan tetap berjalan namun dengan kecepatan maksimal yang telah ditentukan . Solusinya, kamu harus isi ulang kuota atau menggunakan booster.
Saran singkat , gunakanlah layanan internet dengan paket volume-based. Dengan layanan ini, kamu tidak akan terkena FUP dan selalu bisa menikmati kecepatan internet sesuai dengan paket yang telah kamu pilih. Tetapi siapkan juga budget yang besar jika anda seorang peselancar yang mobile.
Well, jadi sekarang sudah tahu, kan, faktor-faktor yang dapat membuat internet  suka lelet? Faktor-faktor tersebut dapat terjadi secara bersamaan dan saling berkaitan satu sama lain. Maka dari itu, sebelum komplain dan agar kamu tidak merasa frustasi dan emosi dengan kecepatan internet kamu, pastikan semuanya telah berfungsi dengan baik dan kamu menggunakan internet di saat dan layanan yang tepat. 

6 Comments

  1. kalau di tempat saya itu karena memang naik dan turun gunung jadi signalnya susah, apalagi nyari signal 3G, yah moga aja cpt dibangun tower 3G, atau 4G jg blh, 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *