INILAH PENYEBAB BLOG TIDAK TERINDEX GOOGLE

INILAH PENYEBAB BLOG TIDAK TERINDEX GOOGLE

Banyak blogger yang bertanya-tanya seperti ini “Apa penyebab blog tidak terindex google ? padahal blog sudah mendapatkan banyak backlink dan kalaupun masuk blog hanya berada di halaman pertama” Dan pada artikel kali ini admin akan mencoba mencari penyebabnya dan menyampaikannya dengan sangat sederhana tentang masalah yang pasti hampir semua di alami oleh blogger.

PENYEBAB BLOG TIDAK TERINDEX GOOGLE ATAU MESIN PENCARI LAINNYA

Perlu kita ingat semua bahwa terindex oleh google atau mesin pencarian lainya tidak harus berada di halaman pertama, untuk bisa mengetahui apakah blog kita sudah terindex apa belum, anda bisa melakukan pencarian di google dengan mengetik site:urlblog…

Kemudian lihat apakah ada hasil yang cukup signifikan dengan jumlah halaman anda, biasanya jumlah yang terindex akan lebih banyak dari jumlah artikel, karena selalu ada saja ada halaman-halaman lain selain halaman artikel.

Ketika anda sudah melihat hasil artikel anda yang sudah terindex ,berarti blog anda tidak ada masalah tentang pengindexian, Namun penyebab artikel atau blog anda sulit ditemukan dan tidak muncul di halaman pertama mesin pencari, mungki saja penyebabnya blog atau artikel masil lemah untuk bersaing dengan blog atau artikel lainnya yang menggunakan kata kunci yang sejenis.

Mungkin Beberapa penyebab lainnya adalah :

  • Backlink masih kurang banyak
  • Optimasi Onpage Sangat buruk
  • Atau masih ada pengaruh penalty atau sanksi dari mesin pencari
  • Dan masih banyka lainnya yang menyebabkan blog sulit bersaing

Tapi apabila ternyata blog yang terindex jumlahnya lebih sedikit dari halaman artikel, maka ada kemungkinan lainnya yaitu pada server hosting, atau ada kekeliruan nilai pada robots.txt. kedua hal ini ternyata menjadi masalah atau penyebab utama blog sudah terindex dengan baik.

Untuk mengetahui masalah yang satu ini teman-teman bisa masuk ke Google Webmaster Tools, dan pilih blog yang ingin diperiksa. Setelah masuk ke dashboard blog, silahkan klik menu PENELUSURAN, dan pilih AMBIL SEBAGAI GOOGLE, dan coba masukkan URL homepage, 1 URL artikel, 1 URL label, dan lihat apa hasil yang saudara dapat.

Seharusnya URL homepage dan artikel itu sukses, sedangkan URL label itu gagal karena pengaturan ROBOTS.TXT. Tapi kalau teman-teman mendapatkan kegagalan karena ROBOTS.TXT UNREACHABLE, maka coba tanyakan ke server atau hosting anda (pengguna wordpress, dan sejenisnya).

Lalu bagaimana cara mengetahui jika error ada pada robots.txt? admin belum mempunyai artikel mengenai robots.txt ini, tapi coba kunjungi halaman http://www.robotstxt.org/. Di sana pembahasannya sudah sangat lengkap.

BLOG TERINDEX TAPI SUSAH SEKALI MASUK HALAMAN PERTAMA GOOGLE

Setelah mengetahui penyebab blog tidak terindex google, mungkin pertanyaan selanjutnya yang terlintas pada diri kita adalah mengapa blog yang sudah terindex susah sekali masuk ke halaman utaman google? Kalau kasusnya seperti ini berarti blog anda mengalami poin-poin yang sudah admin sebutkan di atas, yaitu kurang backlink, atau onpage buruk, atau sedang dalam masa sanksi tanpa sepengetahuan anda.

Tapi terkadang kesalahannya justru cukup mendasar, yaitu Google tidak bisa membaca halaman anda karena ada elemen-elemen yang “menghalangi” atau tidak terbaca oleh robot mesin pencari. Kalau seperti ini, maka anda harus memastikan bahwa halaman web tersebut mempunyai teks yang cukup baik untuk dibaca oleh Google.

Bila memakai terlalu banyak elemen supaya terlihat keren, tapi tidak bisa dilihat oleh mesin pencari, maka itu sama saja merusak posisi blog anda di hasil pencarian.

Untuk mengetahui apakah blog anda bisa dibaca dengan baik oleh Google maka silahkan lihat cache dari blog anda. Ketik cache:url pada kotak pencarian Google.

Nanti akan terbuka halaman blog anda, tapi yang berasal dari database Google. Silahkan klik TEXT-ONLY VERSION…. dan perhatikan apakah semua teks yang anda baca di blog juga ada di versi teks Google ini. Kalau semua teks utama ada, maka seharusnya blog saudara terindex dengan cukup baik oleh Google.

Baiklah demikian ulasan mengenai apa penyebab blog tidak terindex google, dan juga mengapa blog tidak muncul dihalaman pertama mesin pencari. Semoga informasi yang admin sampaikan ini bisa bermanfaat bagi kita semua, and Happy blogging!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *