Jenis Aplikasi/Software Android yang Sebaiknya Tidak Kamu Install

Jenis Aplikasi/Software Android yang Sebaiknya Tidak Kamu Install

Seiring meningkatnya pengguna ponsel android, aplikasi pendukung pun ikut bertebaran. Dari mulai yang gratis sampai berbayar , mereka berlomba – lomba untuk menarik minat para pengguna android. Namun sebagian aplikasi android dari pihak ketiga sebenarnya beberapa tidak anda perlukan karena pihak android sendiri sudah menyediakan fitur dan aplikasi yang aman untuk digunakan. Nah, daripada memenuhi memori ponsel atau malah merugikan Anda, coba deh periksa apakah ada aplikasi yang termasuk tipikal atau jenis yang sebaiknya dilupakan saja, kecuali jika Anda tidak keberatan dengan aplikasi yang menyita waktu, mengumbar janji palsu, sedikit berbau lelucon konyol, dan permintaan izin yang tidak perlu.

Aplikasi Android

Jenis Aplikasi Android yang Sebaiknya Kamu Hindari

Aplikasi Kalibrasi Baterai

Kalibrasi baterai, terdengar seperti sesuatu yang penting kan! Apakah teknologi ini bisa diandalkan? Jawabannya, aplikasi itu terbukti tak pernah menjadi yang terpopuler. Ada dua hal yang dilakukan puluhan aplikasi kalibrasi baterai yang ada di Google Play. Yang pertama adalah menghapus file batterystats.bin di Android untuk memaksa sistem menahan indicator baterai.Yang kedua adalah agar terlihat meyakinkan fungsi ini dibalut dengan tampilan yang cantik dan terlihat menarik. 

Aplikasi defragmenting memori

Perangat Android saat ini menggunakan penyimpanan NAND flash atau berbasis SSD (bukan hard disk) yang memiliki built in controller yang bekerja secara full time untuk mengatur data dengan rapi sehingga tidak ada manfaatnya jika melakukan defragmenting. Kenyataannya, defragging hanya menurunkan umur dengan ribuan siklus baca yang terbuang. Jadi, lain kali Anda melihat sebuah aplikasi defrag Android, abaikan saja.

Aplikasi untuk meningkatkan RAM

Aplikasi untuk meningkatkan RAM Anda? Anda mungkin juga pernah mencoba men-downloadnya, padahal efeknya tidak ada sama sekali. RAM didisain sangat cepat, dan akan menjadi lebih baik dengan generasi baru chip LPDDR4yang akan tersedia di perangkat andalan yang akan datang. Logika Android memanfaatkan kesempatan ini. 
Di sistem operasi Windows (PC), dibutuhkan sebanyak mungkin ruang di memori RAM agar program bisa berjalan. Ketika memori di RAM (fisik) penuh, Windows akan beralih menggunakan memori virtual, beberapa file di hard disk dibuang agar menambahkan lebih banyak memori virtual.
Android sangat berbeda, memanfaatkan sebagian besar memori cepat yang tersedia. Yang berarti itu mempertahankan sebanyak mungkin aplikasi muat di dalam RAM, dan ada penanganan di sistem internal, didorong oleh pemahaman bahwa kecepatan sangat penting untuk pengalaman pengguna yang baik, secara efisien mendistribusikan sumber daya untuk aplikasi dan memastikan tugas yang rendah prioritas tidak mengganggu terlalu banyak waktu prosesor. Intinya, Anda tidak perlu sebuah aplikasi untuk mengoptimalkan RAM, Android telah melakukannya untuk Anda.

Aplikasi antivirus abal-abal

Android seringkali disebut sebagai perangkat yang rawan terserang virus. Dan seringkali pemberitaan di media membuat penggunanya menjadi takut. Pada kenyataannya, Android Anda 99% aman dari serangan, asalkan sumber aplikasi yang didownload berasal dari toko resmi Google Play, bukan dari web forum atau toko aplikasi di luar Google.
Pernah ada kejadian pengembang yang mencari keuntungan dari aplikasi antivirus dengan cara tidak terpuji. Tahun lalu, Google memberhentikan aplikasi Virus Shield, yang menjual pelindung malware dengan motode sanat sederhana yakni satu klik saja. Akhirnya Android Police memecah kode sumbernya, dan menemukan bahwa yang dilakukan oleh aplikasi itu adalah merubah ikon silang menjadi ikon centang. Ada juga aplikasi lain yang meminta pengguna untuk membayar update database antivirus, yang pasti Anda tidak harus membayarnya.
Intinya, lupakan antivirus atau anti malware yang bukan berasal dari pengembang mapan seperti AVG, Avast, Avira, Kaspersky, McAfee, Symantec, Quihoo dan sejenisnya. Ada pilihan yang cukup baik di antaranya, sehingga Anda tidak perlu mencari aplikasi abal-abal.

X-Ray scanner

Hingga saat ini belum ada smartphone yang memiliki scanner x-ray built-in, meskipun mungkin saja Samsung dan Apple telah memikirkannya. Dan kamera smartphone aslinya memang tidak memiliki kemampuan untuk “meniru” scanner x-ray yang sebenarnya. Jadi aplikasi x-ray scanner ini hanya menampilkan efek gambar yang mirip x-ray dan hanya untuk bersenang-senang saja.

Aplikasi penguat sinyal Internet

Aplikasi ini tidak lebih baik jika Anda memasang antenna tambahan untuk meningkatkan sinyal. Aplikasi ini sudah diuji dan terbukti tidak memberikan dampan apapun pada kecepatan koneksi Anda. Sekali lagi ini cara licik untuk mendapatkan uang dari sejumla iklan yang banyak terpasang di aplikasi itu.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *