Jenis-Jenis Browser Dan Manfaatnya

Jenis-Jenis Browser Dan Manfaatnya

Jenis-Jenis Browser – Banyaknya jenis-jenis browser yang tersedia saat ini memberikan kita banyak kebebasan dalam memilih browser yang paling nyaman digunakan. Beberapa browser juga akan bekerja lebih baik ketika dipadukan dengan jenis sistem operasi tertentu. Jika Anda adalah seseorang yang cukup senang berselancar di dunia maya, maka browser menjadi salah satu kebutuhan yang harus bisa bekerja secara optimal. Seperti yang Anda ketahui, setiap browser memiliki kekuatan dan kelemahan yang berbeda-beda. Meski semuanya dibuat untuk mampu bekerja secara sempurna, namun beberapa kekurangan selalu hadir. Uniknya kelebihan dan kekurangan tersebut menjadi karakter bagi setiap browser yang ada. Untuk membandingkannya, berikut ulasan beberapa browser beserta kelebihan dan kekurangannya.

Jenis-Jenis Browser Ringan dengan Performa Terbaik

Mozilla Firefox

jenis2 browser

Browser ini adalah salah satu broser yang paling banyak diunduh dari situs resminya. Selain gratis, tampilannya yang simple dan elegan menjadi aspek yang cukup menarik. Browser ini memiliki keuntungan dari sisi keamanan. Browser versi terbarunya telah menyediakan fitur Private Window yang mengijinkan Anda membuka web atau berselancar tanpa ada record dan data tersimpan sama sekali. Browser ini juga merupakan salah satu dari jenis-jenis browser yang memiliki navigasi yang baik. Untuk kekurangannya, Mozilla lebih lambat dan lama ketika dibuka pada awal aplikasi memulai. Keberadaan addons adalah hal yang wajib demi mendukung kinerja browser. Untuk mengupdate browser ini, Anda harus mendownloadnya secara utuh.

Google Chrome

jenis-jenis browser 1

Sebagai salah satu software buatan Google, browser ini terbilang kurang memuaskan untuk digunakan. Meskipun ada banyak kelebihan yang dimiliki, namun selalu ada alasan mengapa banyak orang tidak menggunakan Chrome sebagai browser default. Kelebihan browser ini adalah ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga browsing terasa sangat ringan dan cepat. Ketika Anda membuka tab atau aplikasi, Chrome tidak membutuhkan waktu lama untuk beroperasi. Jika dibandingkan dengan jenis-jenis browser lain, browser ini termasuk salah satu yang paling cepat. Selain itu browser ini juga mudah diupgrade serta aman dari serangan hacker. Kekurangannya hanya terletak pada fitur yang minim dan instalasi yang harus secara online.

Opera

jenis-jenis browser

Jika Anda membandingkan opera dengan browser-browser rivalnya, mungkin browser yang satu ini lebih terkenal untuk versi mobile nya. Namun versi desktopnya juga memiliki banyak keuntungan. Beberapa diantaranya adalah keberadaan respon cache yang cepat serta email client dan rss sendiri. Selain itu browser ini juga responsive dan cepat. Kekurangannya adalah sedikit lamban namun hanya untuk situs-situs tertentu saja.

Internet Explorer

jenis-jenis browser

Sepertinya tidak lengkap membicarakan jenis-jenis browser sebelum mengupas lebih dalam tentang browser legendaris Internet Explorer. Browser ini memiliki beberapa add ons dengan jumlah terbatas. Tampilan pada beberapa versi barunya sudah cukup menarik dan elegan. Ada juga beberapa fitur tambahan untuk pengguna Windows Live. Kelemahan browser ini adalah responnya yang lamban dan seringnya kegagalan membaca script pada halaman situs.

Safari

jenis-jenis browser

Bagi pengguna produk Apple pasti sudah tidak asing dengan keberadaan Safari. Browser bawaan Apple ini memiliki kelebihan dari sisi loading. Kecepatannya sangat tinggi dibanding browser lain bahkan browser-browser yang kelasnya berada di atasnya. Tampilan serta tema yang diusung juga simple dan tidak membosankan. Hal ini cukup menarik untuk para penyuka browsing dengan tampilan browser yang apik. Kekurangan browser Safari dibanding jenis-jenis browser lainnya adalah ketiadaan plugin untuk versi Windows. Selain itu browser ini tidak bisa di setting koneksinya secara terpisah.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *