Lupa Efin untuk Isi Efilling? Jangan Khawatir, ini Solusinya

Lupa Efin untuk Isi Efilling? Jangan Khawatir, ini Solusinya

lupa efin – Efin atau nomor identifikasi pengarsipan elektronik merupakan nomor identifikasi 10 angka yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada wajib pajak.

Kode Efin digunakan sebagai fungsi identifikasi e-filling yang disediakan oleh DJP Indonesia. Pajak pengajuan elektronik memberikan alternatif mengenai hal pelaporan pajak. Efin merupakan syarat wajib untuk pengajuan elektronik, baik pada situs web atau online ASP DJP dengan fitur seperti elektronik tidak ada biaya atau gratis saat memperoleh di  OnlinePajak.

Dengan wajib pajak Efin, Anda bisa laporkan pajak (SPT) tahunan melalui online web dengan aman karena dienkripsi, sehingga data kerahasiaan dijamin.

Jenis Efin

Sementara itu, menurut pengguna, Efin dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu, pajak penghasilan badan dan pajak penghasilan pribadi, perbedaan sebagai berikut:

Efin pajak badan

Efin pajak badan dibuat dan disediakan bagi wajib pajak atau pajak badan. Pajak badan beda dibandingkan dengan Efin pajak pribadi.

Jika Anda adalah seorang pengusaha yang memiliki perusahaan atau bisnis entitas, maka, selain Efin yang Anda butuhkan untuk pajak pribadi Anda setiap tahun dari pengajuan elektronik, Anda juga perlu membuat Efin badan untuk bisnis Anda.

Pajak Efin Pribadi

EFIN pribadi sangat dibutuhkan bagi wajib pajak orang pribadi dalam menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) elektronik  yang di buat secara online dan real time melalui online atau internet.

Dalam rangka untuk menyajikan deklarasi tahunan pribadi online tanpa perlu pergi ke kantor pajak, wajib pajak harus secara pribadi meminta aktivasi Efin sebelum kantor pajak terdekat.

Beberapa fungsi Efin

Apa yang dimaksud dengan Efin dan manfaat bagi wajib pajak bisa menjadi masalah bagi sebagian besar masyarakat umum untuk pertama kalinya dalam mempertimbangkan langkah-langkah pengembalian pajak online.

Bagian dari pemindaian diragukan lagi dampak positif pada sistem administrasi perpajakan di Indonesia. Beberapa keuntungan dari masalah untuk wajib pajak:

  • Anda dapat merasakan manfaat dari check-SPT secara online sangat besar, seperti menghemat waktu dan penyimpanan data pada bukti database pelaporan web dan jangka panjang.
  • Digunakan untuk pajak transaksi online mengotentikasi bisa dienkripsi untuk menjamin kerahasiaan data pajak.
  • Setelah Efin, wajib pajak dapat mengakses, melakukan transaksi online dan pajak melaporkan SPT tahunan tanpa perlu datang lagi di KPP.
  • Anda dapat menjamin kerahasiaan data yang terdapat dalam sistem pajak online.
  • Juga, jika Anda menyatakan pajak online maka data akan disimpan di sistem pajak basis data. Kemudian, dalam SPT tahun depan, Anda tidak perlu mengulang dalam pengisisan data dari tahap awal.

Bagaimana jika Anda kehilangan atau lupa Efin pajak? tenang, dalam masalah ini selalu terlulang setiap tahun. Mengingat masalah ini DJP menyediakan cara mudah untuk mendapatkan pajak bagi orang yang lupa Efin, khususnya orang Efin pribadi. Kami juga akan membahas Efin badan.

Cara mendapatkan Efin

Setelah Anda memahami apa yang dimaksud dengan Efin, langkah berikutnya adalah untuk meminta pembuatan. Karena ketika Anda mendapatkan Efin dengan fasilitas pribadi dan melaporkan SPT tahunan Anda secara online, Anda tidak perlu lagi datang ke KPP pajak.

Apakah Efin dapat di lakukan online?

Berdasarkan ketentuan Pasal 2 Peraturan No DJP PER-04 / PJ / 2015 pada keamanan transaksi elektronik layanan pajak online.

Wajib Pajak wajib menerapkan bentuk Efin, format sudah diatur dan menyelesaikan lampiran yang diperlukan sudah disampaikan dan kemudian langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat untuk Efin.

Baik untuk pajak penghasilan dan bisnis, Anda masih memiliki permintaan aktivasi dengan mengunjungi KPP.

Ada 10 cara yang menurut kami yang paling mudah di nomor 1 dan 6. Kita mulai dengan data yang Anda butuhkan.

Syarat mengajukan Aplikasi Efin

File-file berikut bahwa Anda harus mempersiapkan diri untuk meminta Efin.

  • Kartu NPWP foto kopi
  • Foto copy KTP
  • Nomor ponsel yang aktif

Ini hanya di khususkan secara online, pada kenyataannya, hanya membutuhkan waktu yang singkat, karena hanya data yang di minta. Data di atas tiga persyaratan, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Meminta nomor Efin secara online

Setidaknya ada 3 cara online yang dapat Anda lakukan jika Anda lupa pajak Efin. Permintaan online hanya hanya bisa pengguna Efin yang sudah diaktifkan atau digunakan. Berikut caranya:

Periksa e-mail Anda, dalam kasus orang di kotak masuk

Melalui [email protected] dengan mengirim WP OP nomor efinnya lewat email yang pernah digunakan dalam lapor DJP online. Jika Anda pengguna Gmail, cukup masukkan kata pencarian berikut : EFIN from:@pajak.go.id.

Via Twitter @kring_pajak

Caranya cukup mudah, Anda cukup mengikuti dan hashtag pajak #lupaEFIN.

Tunggu beberapa saat, Anda akan menerima DM ke petugas pajak.

Chatting dengan pajak.go.id berwenang atau pengaduan.pajak.go.id

Jika didasarkan pada poster yang beredar di internet, ada pajak chatting di sudut kanan bawah pajak.go.id situs.

Tax Center panggilan telepon Kring 1.500.200.

Nah, kami sarankan nelponnya dalam waktu sepi yaitu pada jam 8 jam pagi, hal ini karena staaf pajak Kring terbatas dan panggilan telepon masuk yang sangat banyak.

Kesimpulan mengatasi lupa pajak online Efin hal biasa, hubungi mereka baik melalui twitter, live chat, atau telepon. Ketiga layanan ini langsung dari petugas, sehingga membutuhkan waktu.

Namun, menurut kami hal ini sangat wajar karena efin sifatnya rahasia. jadi saat memberikan efin, petugas pajak harus berhati hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *