Mengenal website dan jenis-jenisnya

Mengenal website dan jenis-jenisnya

Sebelum anda lebih jauh dalam proses pembuatan website ,ada baiknya anda mengenal website dan jenis-jenisnya berdasarkan fungsi. Web bisa dikategorikan ke dalam beberapa jenis, tergantung tujuan dan fungsinya yang kemudian bisa anda lihat bila terkoneksi dengan internet ,baiklah langsung saja berikut ini adalah jenis-jenis website berdasarkan fungsi dan tujuannya.

Web dinamis dan Statis

  1. Web dinamis

Contoh website dinamis : Blog, Brilio, Dream, Merdeka, Wikipedia dan banyak lainnya. Mengapa mereka bisa disebut Web Dinamis, karena mereka selalu berganti content dan merubah contentnya setiap saat, dan memudahkan akses masuk bagi adminnya karena faktor CMS (Content Management System).

  1. Web Statis

Kebalikan dari Web dinamis, web statis jarang sekali di ubah kontenya, karena web ini memilki kepentingan bersama yang bersifat jangka panjang. Contoh : Profile company, web organisasi atau pemerintahan.

Selain dibedakan jenisnya website juga dapat di kategorikan pada tujuan dan pemakainnya, nah dibawah ini adalah beberapa website yang di kelompokan dengan tujuan yang berbeda.

  1. Search engine

Search engine seperti Bing.com, google , MSN dan lainnya memilki fungsi dan tujuan untuk melakukan sebuah hasil pencarian ,yang di lakukan oleh pengguna internet.

bing
Bing.com
  1. Blog

Blog bisa dikatakan mirip dengan sosial media seperti facebook dan lainnya, fungsinya pun hampir mirip memberikan content atau artikel yang sifatnya informatif dan edukatif, ada juga yang menceritakan keseharian mereka di blog layaknya buku diary, seperti blogger radityadika . Blog memberikan kebebasan bagi usernya untuk mengubah dan mendesain halaman mereka ,blog juga bisa dijadikan lahan bisnis.

  1. Social Networking

Sosial Networking A.K.A sosmed ,memudahkan penggunanya untuk berinteraksi dengan mudah dari jarak jauh, contoh : Facebook, Instagram dan twitter.

Twitter.com
Twitter.com
  1. Forum

Kaskus adalah komunitas terbesar di Indonesia, kaskus dapat di kategorikan sebagai website forum, yang kebanyakan penggunanya saling berdiskusi tentang isu atau perkembangan yang lagi tren saat ini.

  1. E commerce

Siapa yang tidak tahu tokopedia.com ,bukalapak .com atau website e commerce lainnya yang menyediakan tempat untuk penggunanya untuk menjual dan membeli barang secara online.

  1. E learning

Kebannyakan website ini dimilki oleh kampus, sekolah dan organisasi pendidikan lainnya, yang memudahkan anggotanya untuk belajar online tanpa harus bertatap muka, contoh web e learning : elearning2mercubuana.ac.id

  1. Web Berita

Fungsi dari web ini sudah jelas memberikan informasi yang aktual dan terpercaya layaknya seperti Koran digital mereka selalu update. Web ini termasuk ke dalam web dinamis karena sifat contentnya yang berubah-ubah. Contoh : cnnindonesia.com , tribunnews.com , Kompas.com dan detik.com

  1. Multimedia

Untuk mengakses Web jenis ini biasanya di butuhkan data internet dengan kecepatan tinggi, karena kalau tidak anda akan terkena yang namanya buffering. Contoh seperti : Youtube.com

Youtube.com
Youtube.com
  1. Gallery

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa website ini ditujukan untuk menyimpan dan memposting gambar, contoh seperti piscasa.com

Tidak hanya bisa dikelompokan berdasar sifat dan tujuannya saja, web juga dapat dikelompokan dengan tujuan, seperti web bisnis dan web perorangan. Untuk mengenal website dan jenis-jenisnya lebih mendalam, simak daftar di bawah ini.

  1. Website Bisns dan Perusahaan

Biasanya website jenis ini memilki domain untuk Top Level Domain, dan co.id yang mengkategorikan asal Negara website tersebut. Contoh : jakartacctv.co.id

  1. Website Government (pemerintahan)

Bila web bisnis menggunakan domain untuk peringkat pada mesin pencari, co.id yang menandakan Negara asal, maka Website yang sifatnya statis ini biasanya menambahkan .gov kepanjangan dari (government), contoh : revolusimental.go.id

  1. Web lembaga pendidikan

Web ini memilki domain di belakangnya yaitu : edu ,sch.id untuk sekolah dasar sampai menengah ,dan ac.id untuk universitas atau perguruan tinggi.

  1. Web kebutuhan khusus

Website jenis ini digunakan pada TV atau organisasi militer, memilki domain .tv dan .mil

  1. Web Perseorangan

Web perseorangan biasanya adalah web yang sering kita jumpai seperti semutijo.com atau socialtextjournal.com

 

 

2 Comments

  1. Pengertian Website Beserta Manfaat Dan Jenisnya Lengkap – Para pengguna internet menggunakan fasilitas internet untuk berbagai aktivitas seperti pengerjaan tugas kuliah, tugas sekolah, berkerja, bermain game, dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Dalam menggunakan internet para pengguna mencari sesuatu dengan menggunakan browser yang ada di komputer atau di gadget yang di milikinya. Pencarian apa yang di inginkan menggunakan browser akan dapat mendapatkan hasil berupa halaman website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *