Mengungkap Fakta Berbagai Pertanyaan dalam Sains

Mengungkap Fakta Berbagai Pertanyaan dalam Sains

Saya yakin dalam benak anda sering timbul pertanyaan mengenai peristiwa ilmiah dalam sains. kenapa hal ini bisa terjadi? Kenapa hal itu terjadi? Kenapa harus begini dan begitu? . Kadang kala kita juga tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut secara pasti karena ada beberapa keganjilan dalam hal tersebut . Dalam artikel ini penulis akan mengungkap berbagai fakta ilmiah dalam sains yang mungkin sampai sekarang menjadi ganjalan dalam hati anda karena tidak menemukan jawaban.

Dunia Sains

Mengungkap Fakta Berbagai Pertanyaan dalam Sains 

Bagian telur yang mana yah yang jadi anak ayam?

Apa anda suka bertanya sebenarnya bagian mana sih yang jadi anak ayam? Bagian kuning atau putih telurnya yah?. Berikut penjelasannya.
Ternyata, bagian putih dalam telur ayam berfungsi melindungi bayi dari guncangan. Sama seperti ketuban pada manusia dan kuning telurnya untuk memberikan nutrisi pada si embrio. Lalu mana yang bakal jadi anak ayam gan? yapss.. yang bakal jadi anak ayam sebenarnya ada di tengah-tengah telur yang terletak di antara kuning telur dan putih telur yang berwarna seperti titik gelap.

Apakah nilai IQ yang tinggi selalu berarti pintar?

IQ adalah satuan nilai untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang. Kecerdasan yang dimaksud adalah kemampuan berfikir dan mengolah informasi yang disediakan oleh lingkungan sekitar kita. Akan tetapi hasil test IQ yang tinggi bukan berarti seseorang pasti pintar belajar. Walaupun nilai IQ tinggi, jika tidak aktif melatih perkembangan otak, maka nilai IQ kita pun akan turun begitu juga sebaliknya.
Oleh karena itu tidak adil jika yang ber-IQ tinggi itu seseorang yang pintar. Kcerdasan harus dinilai dari beberapa faktor seperti kemampuan memahami, menilai, mengingat, berhitung, dan orisinalitas berfikir.

Bener gak sih hanya sekitar 10% dari otak manusia yang bekerja?

‘Semasa hidupnya manusia hanya menggunakan 10% dari fungsi otaknya’. 
Pernyataan tersebut sebenarnya belum dapat dipastikan dan belum dibuktikan kebenarannya. Akan tetapi untuk memotivasi orang utk mempelajari hal-hal baru maka pernyataan tersebut tersebar luas.
Semakin sering belajar, akan semakin banyak kita mengingat banyak hal. Jika hasil test IQ kita kurang, maka dengan belajar terus, IQ kita akan meningkat pula. Jadi, pernyataan itu belum dapat dibuktikan.

Kenapa Obat Diminum 30 Menit Setelah Makan?

Coba tebak kenapa tiap bungkus obat ada tulisan “Duminum 3x sehari tiap 30 menit sehabis makan”? yapss.. Untuk mengurangi sakit di perut, usus dan organ pencernaan lainnya. Sebenarnya banyak minum obat bukan hal yang baik karena banyak juga memberikan efek samping pada kita. 
Alasan lain agar pasien tidak lupa waktu minum obat dan juga manfaat obat meningkat saat minum obat setelah 30 menit makan. Namun tidak semua obat harus diminum 30 menit setelah makan yah.

Kenapa Ban Mobil atau Motor berwarna Hitam ?

Apakah anda pernah berpikir kenapa ban mobil warnanya hitam? Kenapa bukan warna kuning, hijau, atau merah biar mencolok gitu 
Ternyata, bahan terkuat untuk membuat ban itu karbon hitam. Bahan yang paling banyak digunakan adalah karet. Tapi kalo hanya menggunakan bahan karet, nanti bisa tergelincir makanya ditambah karbon hitam. Karbon hitam berbentuk bubuk hitam dimasukkan dalam ban. Secara teknis bisa saja ban diberi warna lain, tapi prosesnya cukup rumit makanya dibuat berwarna hitam. 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *