Pengertian dan Fungsi Mikroprosesor

Pengertian dan Fungsi Mikroprosesor

Mikroprosessor memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan manusia. Komputer dan berbagai peralatan yang menggunakan mikroprosessor telah mampu mempermudah kehidupan manusia dalam banyak bidang. Mikroprosessor awalnya hanyalah sebuah tabung vakum. Kemudian teknologinya berkembang hingga menjadi transistor individual, lalu meningkat lagi menjadi sirkuit yang terintegrasi TTL secara terpisah. Dari sirkuit inilah kemudian manusia menciptakan mikroprosessor. Lalu, apa sebenarnya pengertian dan fungsi dari mikroprosessor ? Informasinya akan disajikan dalam artikel ini.

Mikroprosessor merupakan sebuah CPU atau Central Prosessing Unit elektronik komputer terbuat dari sebuah transistor mini serta sirkuit lainnya yang dipasang di atas Sirkuit Terintegrasi Semikonduktor. Mikroprosessor berupa sebuah cip atau Integrated Circuit (IC), yang merupakan sekeping silikon dengan ukuran luas beberapa millimeter. Keping silikon ini mengandung trasnsistor maupun komponen elektronik lainnya dalam jumlah mencapai puluhan ribu. Dalam sebuah komputer, prosesor diumpamakan sebagai otaknya. Kegunaan dari mikroprosesor memang untuk pemrosesan data, tetapi komponen ini tidak dapat menyimpan memori.

fungsi dari mikroprosessor 1

Terdapat 4 jenis CPU yang didasarkan oleh banyaknya bit. Bit Slices Prosesor atau CPU Custom merupakan jenis CPU yang perancangannya menambahkan jumlah irisan (slices) bit untuk berbagai aplikasi tertentu. Ada juga General Purpose CPU yang merupakan mikroprosessor serba guna atau disebut juga mikro komputer. I/O Prosessor merupakan jenis prosessor khusus yang mampu menangani input ataupun output request untuk membantu prosessor utama. Jenis yang terakhir adalah Dedicated/Embedded Controller yang mampu membuat berbagai peralatan menjadi pintar.

Fungsi dari Mikroprosessor Dan Bagian-Bagiannya

fungsi dari mikroprosessor 2

Sebuah mikroprosessor memiliki fungsi utama sebagai unit untuk mengendalikan semua kinerja sistem komputer. Selain itu, mikroprosessor juga dapat mengambil data serta instruksi dari memori ataupun memindahkan data baik dari memori ataupun ke memori tersebut. Fungsi dari mikroprosessor lainnya adalah untuk mengirimkan sinyal-sinyal kendali serta melayani kerja sinyal interupsi. Mengerjakan berbagai fungsi operasi logika maupun argoritma serta menyediakan pewaktuan siklus kerja pada sistem mikroprosessor juga menjadi fungsi cip tersebut.

Fungsi dari mikroprosessor sangat dipengaruhi oleh bagian-bagian yang dimilikinya. Salah satu bagian tersebut adalah register. Register merupakan sejumlah kecil dari memori komputer yang mampu bekerja dengan kecepatan tinggi. Bagian mikroprosessor ini mampu melakukan eksekusi pada program-program dari komputer dengan cara menyediakan akses yang sangat cepat untuk nilai-nilai yang penggunaannya umum. Secara umum register berfungsi untuk menyimpan secara sementara data, kode intruksi, alamat serta bit status dari berbagai operasi mikroprosessor.

Untuk menunjang fungsi dari sebuah mikroprosessor, maka CPU dilengkapi dengan ALU atau Algoritma and Logic Unit, yang akan mengerjakan berbagai perintah logika serta operasi aritmetika. Fungsi dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika serta matematika. Operasi aritmatika pada ALU dilakukan dengan menggunakan dasar pertambahan. Operasi pengurangan, pembagian maupun perkalian dilakukan menggunakan dasar dari penjumlahan, sehingga operasi aritmatika pada ALU disebut dengan adder. Fungsi lain dari bagian ini adalah melakukan berbagai keputusan berdasarkan operasi logika yang disesuaikan dengan instruksi dari program.

Bagian lain yang mempengaruhi fungsi sebuah mikroprosessor adalah Timing and Control Unit. CU atau Control Unit berfungsi memberikan kendali maupun arahan bagi operasi yang dilakukan oleh ALU. CU akan mengeluarkan output yang mampu mengatur aktivitas bagian-bagian lain dari CPU. Control Unit akan membangkitkan sinyal-sinyal kendali ke bagian lain mikroprosessor. CU dan bagian-bagian CPU lainnya akan sangat menunjang fungsi dari mikroprosessor pada sebuah komputer ataupun peralatan elektronika rumah tangga dan industri.

Description: Fungsi dari mikroprosessor adalah sebagai unit untuk mengendalikan semua kinerja sistem komputer. Mikroprosessor merupakan otak dari komputer serta peralatan elektronika lainnya.

One Comment

  1. Bagian terpenting dari prosesor terbagi menjadi 3 yaitu :
    Aritcmatics Logical Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan “kerja” yang nyata;
    Control Unit (CU), merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan kepada arithmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan Perangkat-perangkat alat proses bersertaperlengkapan;
    Memory Unit (MU), merupakan bagian dari processor yang menyimpan alamat-alamat register data yang diolah oleh ALU dan CU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *