Persaingan Sengit Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di Liga Champion

Persaingan Sengit Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di Liga Champion

Dua pemain terbaik dunia Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi terus bersaing menorehkan prestasi dan rekor-rekor yang sebelumnya dianggap mustahil. Dua mega bintang itu berpotensi besar melewati rekor gol terbanyak Liga Champions yang dipegang oleh Raul Gonzales.
Messi, Ronaldo, Raul
Tinggal beberapa langkah lagi nampaknya 71 gol Raul Gonzales di Liga Champion akan mudah terlewati baik oleh Ronaldo ataupun Messi. Persaingan untuk menjadi pencetak gol terbanyak Liga Champions sepanjang masa juga menuju babak terbaru.
Saat ini Cristiano Ronaldo telah mencetak 70 gol Liga Champions, sementara Messi berada di angka 69. Persaingan Ronaldo melawan Messi nampaknya akan terus berjalan sampai beberapa tahun mendatang.
Seperti kita ketahui, dalam sepakbola jarang menghasilkan rivalitas antara individu pemain tetapi bagaimana Messi dan Ronaldo memperkuat dua klub yang bersaing hebat, Barcelona dan Real Madrid, telah membuat keduanya dapat disejajarkan dengan rivalitas di berbagai jenis olahraga.
Prestasi yang ditorehkan cristiano dan lionel tak terlepas dari rivalitas kedua pemain. Messi dan Ronaldo saling membutuhkan satu sama lain. Jika salah satu mencetak hat-trick, pemain yang lain berusaha mengalahkannya. Ini adalah teori yang juga pernah diungkapkan oleh Messi, kepada Time pada 2012 silam: 

“Mentalitas saya hanya untuk meraih lebih baik setiap tahun. Jika dia [Ronaldo] tidak ada di sana, saya juga melakukan hal yang sama.”

Kedua pemain juga sangat rajin mencetak gol di Liga Champions, Ronaldo telah mencetak 54 gol dalam 53 laga sejak hengkang ke Madrid pada 2009 silam. Sementara Messi mencetak 51 gol dalam 55 laga untuk Barcelona dalam kurun waktu lima tahun tersebut. Sebaliknya, ketika sebelum hijrah ke Spanyol, Ronaldo malah tertinggal. Messi mencetak 17 gol dalam 33 pertandingan Eropa untuk Barcelona sementara pemain Portugal itu hanya menyumbang 15 gol dalam 52 laga, tidak termasuk kualifikasi, bersama Manchester United.
Rekor Lionel Messi
Ini tidak menunjukkan bahwa Ronaldo baru menjadi bintang besar di Real. Sebaliknya, dia mendapatkan penghargaan pemain terbaik FIFA pada 2008, setelah mencetak gol di laga final Liga Champions melawan Chelsea.
Tetapi, benih persaingan semakin mekar di tahun berikutnya. Pada final Liga Champions 2009, Ronaldo ditumbangkan oleh La Pulga. Messi, yang kemudian mengoleksi Ballon d’Or pertamanya, mencetak gol kedua dalam kemenangan 2-0 Barcelona atas United.
Itu menjadi perpisahan Ronaldo di United, karena Real kemudian memboyongnya dengan memecahkan banderol termahal di dunia dengan €94 juta.  Dalam tiga musim pertama bersama Real, Ronaldo mencetak 33, 53 dan 60 gol di semua kompetisi – angka yang tidak dapat ditandingi kecuali Messi dengan 47, 53 dan 73. Musim lalu, meski cedera, Messi mencetak 41 gol dalam 46 pertandingan.
Rekor Cristiano Ronaldo
Catatan gol itu tampak akan sangat mewah bagi siapapun di dunia ini, tetapi itu tampak kecil ketika Ronaldo berhasil mencetak 51 gol dalam 47 laga, sehingga menipiskan ketertinggalan Ballon d’Or menjadi 4-2 dan menyamai pencapaian Messi dalam mencetak gol di final Liga Champions yang berhasil dimenangkan untuk kedua kalinya.
Catatan 17 gol Ronaldo di Liga Champions musim lalu, juga memecahkan rekor untuk satu musim, melewati rekor sebelumnya dengan jumlah 14 yang dicetak Messi pada 2011/12. Ronaldo sendiri baru saja membuat rekor baru di Liga Champion setelah menghabisi Liverpool 3-0 di Anfield. Ronaldo jadi pemain pertama yang mampu mencetak gol dalam sepuluh laga tandang beruntun di Liga Champions versi UEFA. Kesemuanya dimulai dari partai semi-final Liga Champions 2012//13, saat Los Merengues takluk 4-1 oleh Borussia Dortmund di Signal Iduna Park.
Selain itu mantan penggawa Manchester United ini memang dikenal lebih hobi mencetak gol dalam partai tandang Liga Champons. Dirinya sudah mencetak 35 gol di partai tandang, lebih banyak tiga dibanding jumlah gol di partai kandang.
Pada usia 27 dan 29, kedua pemain itu akan mendominasi sepakbola untuk beberapa tahun mendatang, dan siapapun yang memecahkan rekor Raul hanya akan memiliki minggu atau bahkan hari untuk merayakannya.
Dalam persaingan untuk gelar juara, penghargaan dan tentu saja, gol, Messi dan Ronaldo ditakdirkan untuk saling mengejar satu sama lain hingga salah satu dari mereka gantung sepatu.
sumber : goal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *