Pilih Mana? Backlink, Pagerank atau Visitor, Alexa

Sobat blogger mungkin sudah tidak asing lagi dengan 4 istilah dalam judul di atas sehingga tidak perlu saya jelaskan lagi lebih mendetail. Backlink dapat menunjang pagerank dan meningkatkan SERP di Search Engine, sedangkan alexa menjadi tolak ukur seberapa besar pengunjung/visitor blog anda.
Baik  backlink, pagerank, visitor dan alexa rank sebenarnya sangat penting dalam menunjang kesuksesan sebuah blog/website. Tetapi kadangkala kita sering dihadapkan dengan pilihan, mau mencari backlink dulu atau mencari visitor dulu. Sejatinya backlink juga menjadi sumber traffick blog, tetapi banyak juga blogger yang mengutamakan jumlah pengunjung sehingga mempunyai alexa yang ramping tetapi mempunyai backlink yang sangat sedikit bagi blognya.
Saya sering mensurvei dan menganalisa blog blog sobat yang mempunyai alexa rank di bawah 500.000 . Ketika saya cek di beberapa tools SEO, seperti tool cek baklink, alangkah kagetnya ketika mengetahui jika blog dengan ranking alexa 100 ribuan, ternyata mempunyai kurang dari 50 backlink. Dari situ saya mengambil kesimpulan pribadi bahwa jumlah pengunjung yang tinggi bukan karena banyaknya backlink, karena blog tanpa backlink pun bisa mendapat traffick ribuan dalam sehari jika si empunya blog rajin promosi. Walaupun tidak dipungkiri bahwa jumlah backlink yang tinggi juga bisa menjadi sumber traffick yang tinggi pula.  
Kembali ke topik pembahasan, jika dihadapkan pada dua pilihan (biasanya terjadi blogger yang sedang merintis dan mengembangkan blognya), sekarang apakah kita memilih fokus untuk mencari backlink atau fokus mencari pengunjung??
Untuk sobat yang ingin memonitize blognya, mungkin akan menjawab fokus mencari pengunjung karena dengan begitu, penghasilan ngeblog juga semakin besar dan masalah backlink dicari belakangan.
Bagi saya pribadi, saya akan memilih fokus mencari backlink terlebih dahulu sambil sesekali promosi untuk mencari pengunjung. Kenapa saya mencari backlink lebih dahulu? Penjelasannya begini, untuk membangun sebuah rumah yang kuat, maka diperlukan juga pondasi yang kuat. Artinya backlink disini saya anggap sebagai pondasi dan akar untuk memperkuat blog sehingga lebih mudah bersaing di Search Engine. Toh pada akhirnya tanpa mencari pengunjung pun, pengunjung akan datang sendiri ke blog kita dengan bantuan search engine seperti google dan kawan-kawan.
Ketika blog perlahan dibanjiri pengunjung dari google, maka secara otomatis Peringkat Alexa juga akan naik dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Jadi semuanya saya kembalikan kepada pemikiran sobat masing-masing, jika anda tipe orang sabar, alangkah baiknya fokuskan mencari backlink lebih dahulu (tentu saja dengan backlink berkualitas dan tidak sporadis supaya tidak terindikasi spam) , baru kemudian melanjutkan dengan merampingkan alexa. Sebaliknya jika anda memilih mengutamakan jumlah pengunjung, silahkan saja karena itu hak anda pribadi, walaupun anda harus memeras keringat dan tenaga setiap harinya demi meningkatkan traffick.
Review sedikit tentang blog saya sob, hehe (sekedar untuk memberi semangat kepada saya pribadi dan tidak ada niat untuk pamer blog abal-abal saya). Blog semut ijo ini baru berusia 1 bulan pada tanggal artikel ini ditulis, tetapi Alhamdulillah sudah memiliki lebih dari 1500 backlink (data diambil dari google webmaster dan majestic.com) dan visitor masih berkisar 50-100/hari. Domain yang memberikan backlink juga merupakan website – website berkualitas. Daftar beberapa backlink yang diperoleh semutijo.com

  1. Google.com (lumayan dapat backlink dari google)
  2. facebook.com
  3. kaskus.co.id
  4. detik.com
  5. lintas.me
  6. viva.co.id
  7. upi.edu
  8. bawaslu-jatengprov.go.id
  9. kalselprov.go.id
  10. univrab.ac.id
  11. txdot.gov
  12. kentlaw.edu
  13. unnes.ac.id
  14. sumbarprov.go.id
  15. um.ac.id
  16. internet2.edu
  17. reddit.com
  18. dan lain-lain
Masih mengejar target 10 ribu backlink for 2000 visitor/day. 

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *