Profil dan Biografi Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri

Profil dan Biografi Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri

Menteri Tenaga Kerja Kabinet Kerja Jokowi-JK , Hanif Dhakiri mempunyai nama lengkap Muhammad Hanif Dhakiri lahir di Salatiga, 6 Juni Maret 1972. Sebelum ditunjuk sebagai Menteri Ketenagakerjaan dalam kabinet kerja jokowi-jk, ini adalah anggota DPR RI periode 2009-2014 dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari daerah pemilihan Jawa Tengah X: Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan dan Kabupaten Pemalang.

M. Hanif Dhakiri adalah seorang professional muda dengan latar belakang politisi. Jabatan terakhirnya adalah Sekjend PKB hasil muktamar di Surabaya 2014, sebelum mengundurkan diri karena menjadi Menteri Ketenagakerjaan dalam Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf kalla. Ia mengabdi untuk partai tersebut sejak tahun 1998.

Profil dan Biografi Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri

M. Hanif Dhakiri merupakan aktivis yang kental dan matang dalam tradisi organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Ia pernah mendirikan dan aktif di Jaringan Studi Transformasi dan Solidaritas Mahasiswa Salatiga dan Solidaritas Mahasiswa Salatiga (SMS). Ia juga aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Ia pernah menjadi Ketua Komisariat IAIN Salatiga (1991-1992), Ketua PC PMII Salatiga (1994-1995), Anggota Pleno Koordinator Cabang PMII Jawa Tengah (1995-1996) dan Ketua Lembaga Studi dan Advokasi Buruh (LSAB) Pengurus Besar (PB) PMII (1997-2000).

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri

Dia dipercaya menjadi Ketua Umum Dewan Koordinasi Nasional Gerakan Pemuda Partai Kebangkitan Bangsa (DKN Garda Bangsa) Periode 2011-2013. Ia bergabung ke PKB sejak awal pendiriannya, tahun 1998. Ia salah satu perumus dasar-dasar kepartaian PKB, termasuk menulis AD/ART PKB, naskah deklarasi, platform politik PKB yang dinamainya Garis-garis Besar Perjuangan Partai (GBPP). Ia juga turut mendesain logo PKB yang diilhami warna PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia), dan gambar dasar khas NU, yakni bola dunia dan bintang sembilan.


M. Hanif Dhakiri merupakan salah satu Tim Asistensi PKB dibawah kepemimpinan H. Matori Abdul Djalil, mantan Ketua Umum PKB dan politisi terkemuka NU saat itu, yang diberi kepercayaan Ketua Umum PBNU KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), saat itu untuk menakhodai kapal besar PKB untuk pertama kalinya.

M. Hanif Dhakiri pernah studi pendidikan S-2 di Universitas Indonesia, ia juga telah menyelesaikan S-2 Universitas Nasional Jurusan Ilmu Politik. Persoalan ketenagakerjaan bukan hal asing bagi dirinya. Ia sempat berperan sebagai staf bagi Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Erman Soeparno, pada pertengahan 2006. Ia percaya pendidikan adalah salah satu kunci meningkatkan kapasitas tenaga kerja Indonesia. “Kelas buruh kita harus menjadi skilled labour. Para pekerja kita harus menguasai alih teknologi. Ini modal membangun keunggulan produksi nasional,” ujarnya menjadi spirit membangun kementrian Ketenagakerjaan.

Ia juga sempat menelurkan album musik berjudul “The Drizzle: Traces of a Broken Heart” yang ditujukan untuk merayakan pesta demokrasi Pemilu 2014. Album berisi 11 lagu ini dimaksudkan untuk mengajak kalangan muda agar tidak golput. “Musik ini diharapkan bisa mengajak pemilih pemula tidak lagi anti partai, dan tidak selalu menganggap Parpol (partai politik) itu kotor. Politik itu indah, fun dan menarik, jika politik itu kotor musik bisa membasuhnya biar bersih,” ujarnya.

Riwayat Organisasi Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri

  1. Aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)
  2. Sekretaris Jenderal DPP PKB periode 2014
  3. Ketua Umum Dewan Koordinasi Nasional Gerakan Pemuda PKB (DKN Garda Bangsa) Periode 2011-2013
  4. Anggota DPR RI periode 2009-2014 dari PKB
  5. Anggota Komisi X DPR RI yang mengurusi masalah Pendidikan, Olahraga, Pariwisata, Kesenian dan Kebudayaan.

Buku dan artikel, karya M. Hanif Dhakiri

  1. Menggagas Fiqh Perburuhan (1999)
  2. Paulo Freire, Islam dan Pembebasan (2000)
  3. Post-tradisionalisme Islam (2000)
  4. Politik Melayani Basis (2001)
  5. Menjadi Politisi Manajer (2001)
  6. Kiai Kampung dan Demokrasi Lokal (2007)
  7. Mengapa Memilih PKB? (2008)
  8. 41 Warisan Kebesaran Gus Dur (2011)
  9. NU: Jimat NKRI, Jimat Indonesia
  10. Pedoman berpolitik warga NU (2013)

5 Comments

  1. kami para buruh di pt new jaya internasional yang belokasi di jl.tari kolot pangkalan 2 bantar gebang bekasi. merasa tidak di perlakukan sebagai buruh tetapi sebagai budak, kerja dari jam 7:15 dan kluar jam 18:00 tidak di hitung lembur, dan yg lebih parah lagi tidak ada penjelasan gaji kami, jika kami pulang jam 21:00,22:00 bahkan sampai pagi jika kami tidak masuk keja 1hari kami di potong gaji 2hari. bahkan atasan kami kalo menyuruh sampai gebrak gebrak meja. tolong selamatkan buruh pak di tempat kami bekerja

  2. kani buruh PT Agro Lestari Mandiri Perkebunan Kelapa Sawit Sinar Mas di Propinsi Kalimantan Barat, kami para BURUH di beri upah kerja tidak sesuai dengan Peraturan dan Perundang-undangan.

  3. assalamu alaiqum pk mentri..uu yg mngatur tentang pemotongan GP karyawan yg sakit berkepanjangan yaitu 4 bulan msi 100% dan selanjutx setiap 4bulan dupotong 25% sampai 100%, dmna kt ketahui bhw setiap karyawan yg sakit kmungkinan perekonomianx beda2 mngkin msi ad yg puxa sampingan gmana kl yg gk ad aplgi dia sbgai tulang punggung utama bgi keluargax ow tdk bsa dibayangkan dgn gji yg lama kelaman hbis dlm kondisi sakit lgi..cma saran aj nih buat pk mentri mhon maaf sblumx gmna kl uu yg mngatur dlm hal ini dhilangkan sj atau di tnjau lagi mksi sblumx whyuddin berau kaltim

  4. asalammualaikum bapak m hanif dhakiri keluh kesah saya sama seperti teman-teman
    tentang masalah kerja dan tenaga kerja asing yang ada di daerah tangerang kec pasarkemis pabrik yg saya kerja sudah ada kurang lebih 2 thn produksi tetapi tidak mau ada jamsostek bpjs dan yang lainnya { adapun dari pihak imigrasi datang tidak ada penangkapan atau deportasi pekerja asing } cuman datang lalu pergi mungkin jikalau bapak hanif datang ke daerah kami akan ada perubahan mengenai tenaga buruh dan asing yang tidak semena2 dalam memberi aturan harus dengan aturan di negeri kita pak

  5. nama PERUSAHAAN YG KAMI KERJA PT.LONGTENG BERADA DI DAERAH KP.GELAM DESA KUTAJAYA KEC;PASAR KEMIS TANGERANG BANTEN SAYA MOHON BAPAK MENINJAU DAERAH KAMI dan { apabila saya ada salah-salah kata saya mohoon maaf yg sebesar besarnya karna saya hanya rakyat biasa / rakyat jelata yg butuh pertolongan } atas perhatiaannya saya ucapkan terimakasih pak mentri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *