Seberapa Besar Pengaruh Backlink Terhadap SERP dan SEO di 2016?

Seberapa Besar Pengaruh Backlink Terhadap SERP dan SEO di 2016?

Pengaruh backlink terhadap SERP – Blog yang sukses di mesin pencari tidak hanya mengandalkan tampilan yang menarik ataupun artikel yang berkualitas saja. Hal yang paling penting adalah mampu memanfaatkan teknik-teknik SEO. Salah satunya adalah teknik Backlink. Backlink adalah suatu teknik yang digunakan untuk mengarahkan blog atau website lain menuju blog Anda. Dengan backlink, popularitas suatu blog bisa semakin meningkat. Backlink terdiri dari dua bagian dengan fungsi yang berbeda pula yaitu backlink homepage blog dan backlink artikel blog.

Backlink homepage blog sangat cocok untuk blog baru yang sudah berusia 1 bulan dan fungsinya untuk meningkatkan popularitas blog. Sedangkan, backlink artikel blog cocok untuk blog yang sudah berusia lebih dari 2 tahun dan fungsinya untuk menjadikan artikel berada di posisi teratas mesin pencari. Pengaruh backlink terhadap SERP terbukti besar seperti di bawah ini.

Pengaruh Backlink Terhadap SERP yang Belum Banyak Diketahui

pengaruh backlink terhadap SERP

1 ) Mendapat Posisi Teratas

Pengaruh backlink terhadap SERP yang pertama adalah didapatkannya posisi di halaman 1. Search Engine Result Page (SERP) memang menjadi hal yang penting sebagai tolak ukur sukses tidaknya suatu blog. Blog yang sukses kebanyakan karena selalu muncul di halaman 1 pada mesin pencari sehingga lebih banyak dilihat oleh pengunjung blog. Salah satu rahasia didapatkannya halaman 1 ini karena banyaknya backlink yang dihadirkan pada suatu artikel. Semakin banyaknya backlink berkualitas yang disisipkan makan semakin kuat pula SERP suatu blog yang memungkinkannya bertahan lama di page 1.

2 ) Peningkatan Traffic Blog

Pengaruh backlink terhadap SERP yang kedua adalah meningkatnya traffic blog. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, semakin banyak backlink di dalam artikel semakin kuat SERP sehingga posisi page 1 masih bisa dikuasai. Namun, yang perlu diperhatikan adalah kualitas artikel yang hendak Anda backlink. Dengan banyaknya orang yang melihat artikel yang berada di page 1, otomatis traffic blog juga ikut meningkat dengan tajam. Traffic blog yang tinggi ini berperan untuk membuat blog menjadi banyak dikenal pengunjung dan kepopuleran pun datang bersama pundi-pundi rupiah dari iklan.

3 ) Peningkatan PageRank

Pengaruh backlink terhadap SERP yang ketiga adalah meningkatnya Page Rank. Backlink yang didapatkan dari website atau blog lain yang memiliki page rank tinggi akan membuat page rank blog atau websitenya semakin meningkat. Begitupula sebaliknya, jika artikel Anda mampu menarik perhatian para pengelola blog atau website yang tinggi hingga membuatnya membacklink blog atau website Anda, Anda juga akan mendapatkan page rank yang tinggi. Dengan page rank tinggi, blog Anda tentu akan semakin dikenal banyak orang.

4 ) Menjuarai Kontes SEO

Pengaruh baclink yang terakhir adalah dapat dijuarainya kontes SEO. Saat ini, banyak diadakan kontes SEO karena menjamurnya berbagai blog dan website di mesin pencari. Salah satu strategi untuk memenangkan kontes SEO ini adalah dengan melakukan backlink ke artikel lain disamping tulisan artikel yang informatif dan menarik tentunya. Anda yang sedang mengikuti kontes SEO harus sering mencari banyak artikel lainnya yang bisa dibacklink. Semakin banyak backlink artikel tentu blog Anda semakin bertahan di halaman 1 dan peluang Anda menjuarai kontes SEO tersebut juga semakin terbuka lebar.

Kesimpulannya, pengaruh backlink terhadap SERP memang terbukti besar untuk menjadikan blog sukses. Kuncinya adalah pembuatan artikel berkualitas, pencarian artikel sejenis lainnya dan proses pembuatan backlink yang banyak. Semoga artikel ini sedikit menambah informasi mengenai teknik SEO yang sangat bermanfaat bagi blog Anda. Anda bisa mencoba proses backlink sendiri dan melihat buktinya pada blog Anda sendiri.

6 Comments

  1. backlink sangat berpengaruh untuk situs kita ya mas, namun terlalu over dalam mendapatkan backlink juga akan berdampak buruk bagi situs kita 🙂

  2. seperti master2 seo bilang, seo on page lebih berperan dalam optimasi blog agar seofriendly.
    Tetapi ternyata backlink punya peran besar juga yak..

    ok deh mksih, dan maaf mungkin ane sok tau sebagai pemula ;’)

  3. Jika boleh tau, kasih ilmu dong biar kita2 dapat backlink berkualitas..
    O iya nanya, memanfaatkan backlink generator itu ada dampaknya gak sih? Mau nyoba takut soalnya banyak yang bilang hati2 cari backlink otomatis bisa2 dipinalty sama mbah gugel, bener gak yak? Hehe sambil jalan2 nambah2 wawasan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *