Tahukah Anda Ini Arti dari Kode NIK di KTP dan Kartu Keluarga

Tahukah Anda Ini Arti dari Kode NIK di KTP dan Kartu Keluarga

Pernahkah kita berpikir bahwa susunan angka yang membentuk Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) tidak dibuat asal-asalan. Masing-masing angka yang tertera dalam NIK memiliki arti khusus bagi pemegang identitas bersangkutan. Mungkin anda pernah bingung bagaimana cara membaca NIK, cara mengetahui apa sih sebenarnya angka-angka yang ada pada NIK itu?

baca juga How-Old.net , Menebak Usia Anda Hanya dari Foto

Sebelum melangkah lebih jauh untuk mengetahui arti NIK , ada baiknya kita mengetahui penjelasan dari NIK. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan dijelaskan Nomor Induk Kependudukan, selanjutnya disingkat NIK, adalah nomor identitas Penduduk yang bersifat unik atau khas, tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai Penduduk Indonesia. Menurut  ketentuan Pasal 13 Undang-Undang tersebut, Setiap Penduduk wajib memiliki NIK yang berlaku seumur hidup dan selamanya, yang diberikan oleh Pemerintah dan diterbitkan oleh Instansi Pelaksana kepada setiap Penduduk setelah dilakukan pencatatan biodata, selanjutnya  NIK dicantumkan dalam setiap Dokumen Kependudukan dan dijadikan dasar penerbitan paspor, surat izin mengemudi, nomor pokok wajib pajak, polis asuransi, sertifikat hak atas tanah, dan penerbitan dokumen identitas lainnya.
KTP  gokil

Arti setiap digit angka pada NIK

Dalam NIK terdapat 16 angka yang mengandung informasi administrasi kependudukan mengenai pemegang identitas setiap warga negara. Setiap digit nomor NIK memiliki arti. Untuk memudahkan anda dalam memahami arti NIK pada KTP, NIK dirumuskan  kedalam 16 susunan huruf sebagai berikut :
NIK : AABBCCDDEEFFGGGG
AA (1-2)                       : Kode provinsi dimana NIK diterbitkan 
BB (3-4)                       : Kode kabupaten / kota dimana NIK diterbitkan. Angka lebih dari 70
                                       menandakan “Kota” 
CC (5-6)                       : Kode kecamatan dimana NIK diterbitkan.
DD (7-8)                      : Tanggal lahir. Jika perempuan, tanggalnya ditambah 40. Misalnya
                                       tanggal 04 akan menjadi 44.
EE (9-10)                     : Bulan lahir FF( 11-12) : Dua angka terakhir tahun lahir.
GGGG (13-16)             : Nomor urut 0001-9999. Berurut sesuai dengan 12 angka sebelumnya.
Sebagai contoh, misalkan seorang perempuan lahir di Kota Bandung tanggal 17 Agustus 1990 maka NIK-nya adalah: 10 50 24 570890 0001. Apabila ada orang lain (perempuan) dengan domisili dan tanggal lahir yang sama mendaftar, maka NIK-nya adalah 10 50 24 570890 0002. Apabila ada orang lain (laki-laki) dengan domisili dan tanggal lahir yang sama mendaftar, maka NIK-nya adalah 10 50 24 170890 0001.
Setelah mengetahui arti NIK yang terdapat dalam identitas kependudukan, Anda bisa menebak informasi mengenai seseorang dengan hanya bermodalkan NIK. Dengan mengetahui Nomor Induk Kependudukan (NIK), maka anda sudah mengantongi informasi alamat , jenis kelamin, dan tanggal lahir orang tersebut. 
Apakah ada pengunjung blog ini yang mau share NIK nya dimari??  Nanti saya ramal deh ,,, hehe

10 Comments

  1. waah terima kasih informasinya pak sangat bermanfaat,
    tapi saya mau menanyakan kalau kita hanya ada ktp dan kehilangan KK (kartu keluarga) kira2 bagaimana cara mengetahui no kk kita ya pak? terima kasih

  2. Pak saya mau nanya.
    Tahun lahir saya yang tertulis berbeda pada nik.
    Di kk, izajah, ktp saya lahir thun 1995, tapi di nik saya 2 angka tahun lahir di buat 96, itu gimana pak, apakah saya harus ngurus ktp lagi?

  3. Pak.saya mau tanya kan.ni kenapa kartu keluarga (draft).apa arti dr kata draft tersebut karna saya pertama bikin kartu keluarga tidak ada tulisan draft

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *