Tentang Paket Internet, Pilih Kuota atau Unlimited?

Tentang Paket Internet, Pilih Kuota atau Unlimited?

Semakin berkembangnya teknologi kebutuhan akan konsumsi paket data internet semakin bertambah di tengah masyarakat. Hal ini tidak lepas dari peran berbagai jenis gadget yang banyak beredar di pasaran saat ini yang semakin memudahkan para pengguna gadget untuk mengakses dan berselancar di internet. Kebutuhan akan internet ini kemudian disadari oleh para operator atau provider seluler sebagai penyedia jasa komunikasi untuk menghadirkan berbagai pilihan paket internet yang sangat beragam.
Ketika kita akan menggunakan internet untuk browsing , chatting, blogging, dll kita sering dihadapkan pada situsai sulit. Kita tahu Jika kita tidak menggunakan paket data yang efektif, pulsa akan cepat sekali habis dalam hitungan menit. Ini berlaku juga untuk internet menggunakan PC atau laptop. Untuk mengakses internet sendiri kita dihadapkan pada dua pilihan , antara paket kuota dan paket unlimited. Paket yang mana yang akan kita pilih?

Baca juga Alasan Internet Kamu Lelet

Paket internet

Paket internet unlimited

Meskipun dinamakan paket “unlimited” yang berarti “tidak terbatas”, namun ternyata pilihan paket ini tetap memiliki batasan-batasan tertentu jika ingin menikmatinya. Terbatasnya kecepatan adalah salah satu kekurangan dari pilihan paket ini. Ya meskipun tidak ada batasan pada besaran bandwidth data, namun keterbatasan terletak pada kecepatan sehingga untuk mengakses suatu halaman web atau lainnya dibutuhkan waktu yang lebih lama. Maka tidak heran jika banyak pengguna paket data unlimited mengeluhkan lambat atau lemotnya kecepatan yang disajikan.
Namun beberapa operator atau provider GSM tetap memberikan kecepatan penuh pada pilihan paket data internet unlimited meski kita akan tetap dibatasi dengan FUP atau batas pemakaian wajar. Jadi setelah kita telah melewati FUP, maka kecepatan akses internet akan dikurangi dengan signifikan meskipun kita akan tetap dapat mengaksesnya sesuka kita.

Apa Itu FUP Pada Paket Internet?

Pada beberapa operator selular GSM yang menawarkan paket data Unlimited, mereka memberikan semacam batasan tertentu yang biasa disebut dengan FUP. FUP adalah singkatan untuk “Fair Usage Policy” yang jika dilihat dari artinya kurang lebih adalah batas pemakaian wajar. Apa maksud dari batas pemakaian wajar ini? Coba perhatikan salah satu contoh keterangan paket internet dibawah ini:

Paket internet bulanan Unlimited (FUP 2GB)

Pada keterangan FUP diatas terdapat sejumlah besaran bandwidth data yang dicantumkan (2GB). Itu artinya batas pemakaian wajar pada paket tersebut adalah 2GB. Dalam batas pemakaian wajar tersebut, kita sebagai pengguna akan dapat menikmati internet dengan kecepatan penuh. Nah jika pengguna telah melewati batas yang ditentukan tersebut, kita tetap dapat mengakses internet namun kecepatan akan diturunkan. Seberapa besar penurunan kecepatan atau kecepatan yang dapat dinikmati pengguna setelah melewati FUP tersebut bisa berbeda-beda di tiap operator.

Paket internet berbasis kuota

Meski dibatasi dengan kuota atau istilah awamnya “dijatah” (diberikan jatah tertentu), ternyata pilihan paket yang satu ini juga tidak sedikit. Hal ini karena harga yang ditawarkan relatif lebih murah sehingga dianggap sebagai pilihan yang cocok untuk menghemat biaya khususnya untuk masalah internet. Keunggulan dari paket jenis ini adalah kecepatan akses data yang dapat dinikmati tidaklah dibatasi seperti pada paket unlimited sehingga pengguna dapat mengakses internet dengan lebih cepat. Namun jika kita telah menggunakan keseluruhan jatah atau kuota yang ditentukan, maka kita akan dikenakan biaya tambahan yang besarnya bervariasi untuk tiap provider penyedia service internet. Selain cepat, kuota yang ditawarkan pun biasanya lebih besar jika dibandingkan dengan “jatah” FUP pada paket internet unlimited.
Sebenarnya untuk menentukan mana yang bagus antara paket unlimited atau paket kuota  tidak terlalu sulit. Kita harus mempertimbangkan beberapa hal diantaranya adalah :
  1. Seberapa besar kebutuhan anda akan internet? atau apa tujuan anda menggunakan internet?
  2. Seberapa besar kemampuan finansial anda?
  3. Apakah paket yang anda pilih nanti akan efektif?

Paket Kuota atau Unlimited?

Poin pertama diatas menjelaskan seberapa besar sih tingkat kebutuhan internet anda?. Ini juga berhubungan dengan seberapa tinggi intensitas anda memakai internet? Jika anda menggunakan internet hanya untuk membuka sekedar browsing atau membuka situs social media seperti facebook, twiter, dll , maka anda cukup menggunakan paket kuota. Bahkan terkadang banyak operator dan provider yang menjadikan situs social media tersebut sebagai bonus dalam paketnya.
Untuk menunjang kebutuhan anda tersebut, saya rasa paket internet berbasis kuota 2GB atau 4 GB sudah cukup untuk sebulan. Biasanya paket kuota semacam ini dipatok dengan harga 30 ribu – 100 ribu, tergantung provider masing-masing. Semakin kecil kuota maka semakin murah pula harganya dan jangan lupa sesuaikan juga dengan kemampuan dompet anda supaya lebih efektif. 🙂
Bagi anda yang merasa tidak puas dengan paket kuota karena dibatasi penggunaannya ada baiknya menggunakan paket unlimited. Biasanya orang-orang yang menggunakan paket ini adalah mereka yang sangat tinggi intensitasnya dalam penggunaan internet. Mereka biasanya menggunakan internet untuk segala hal dari mulai browsing, social media, ngeblog ataupun download. 
Sedikit masalah ketika menggunakan paket unlimited , ketika jatah FUP habis, maka kecepatan internet akan berkurang tetapi kita tetap masih bisa menggunakan internet sepuasnya. Berdasarkan pengalaman saya sendiri kecepatan awal dengan kecepatan ketika batas FUP habis, tidak berbeda jauh. Justru kadang-kadang bisa lebih cepat pada saat-saat tertentu. 
Untuk yang berdompet tebal, dan tidak pernah kekurangan secara finansial, lebih bagus lagi menggunakan paket kuota yang berkapasitas besar dan tentu berkecepatan tinggi. 
Saya sendiri memakai paket unlimited , harganya lumayan , cuma  kurang dari 50 ribu tapi bisa internetan 1 bulan tanpa dibatasi. Karena pengalaman memakai paket kuota, kuota 4 GB habis dalam waktu 2-3 hari (anda bisa bayangin aktifitas apa saja yang saya lakukan di internet). Bangkrut dong lama-lama. jadi dengan menggunakan paket unlimited, saya tidak perlu lagi takut kehabisan kuota dan tidak khawatir lagi ketika uang di dompet sudah habis karena masih tetap bisa internetan. 
Jadi yang manakah paket internet yang cocok untuk anda? Keputusan sepenuhnya ada di tangan anda. 

8 Comments

  1. Admin sendiri..pke produk paket internet unlimited apa nih..?
    –> Harga kurang dr 50rb, tp bisa internetan 1 bulan tanpa dibatasi <–
    Infonya admin…mksih..

  2. Kalo paker unlimitednya 1gb trus kita pakek download film 1,5gb apa bisa selesai di unduh? Dan apa setelah nya tetep masih bisa dipakek browsing an? @Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *