Tips Aman Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi

Tips Aman Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi

Tak terasa kita sebentar lagi akan ditinggalkan bulan yang penuh berkah dan rahmat yaitu bulan ramadhan. Di Indonesia biasanya aa tradisi mudik menjelang akhir ramadhan atau mudik lebaran. Banyak pilihan masyarakat ketika mudik. Ada yang menggunakan kendaraan umum dan ada pula yang mencoba menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil pribadi dan sepeda motor. Banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi. Untuk itu semutijo akan mencoba mengulas bagaimana tips mudik aman dengan menggunakan kendaraan pribadi.
mudik lebaran
Selain harus mempersiapkan kondisi fisik dan mental, menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik juga harus memperhatikan kondisi kendaraan kita tersebut. Berikut Tips Aman Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Tips Mudik Aman dengan Kendaraan Pribadi

  1. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik. Periksakan kendaraan di bengkel untuk memastikan kondisinya. Perbaiki atau ganti komponen krusial , termasuk ban jika diperlukan.
  2. Pastikan anda dalam kondisi sehat. Periksalah kondisi kesehatan ke dokter jika anda mempunyai riwayat sakit tertentu yang membahayakan di perjalanan.
  3. Kemaslah barang-barang dengan rapi. Bawa pakaian bekal secukupnya serta perlengakapan lain yang diperlukan termasuk obat-obatan ringan untuk berjaga-jaga.
  4. Siapkan alat komunikasi. Jangan lupa membawa alat komunikasi dan nomor-nomor darurat yang bisa dihubungi, perlengakapan penerangan darurat (lampu senter) dan peta.
  5. Pastikan rumah yang ditinggalkan aman. Pastikan rumah dalam keadaan terkunci jika rumah dalam keadaan kosong. Melaporlah pada petugas keamanan dan pengurus lingkungan setempat bahwa anda akan pergi dalam jangka waktu tertentu.
  6. Periksa kembali kendaraan anda. Sebelum berangkat periksa kembali kendaraan anda seperti memeriksa tekanan angin ban, air radiator dan lampu-lampu kendaraan.
  7. Jangan memuat barang-barang dan penumpang melebihi kapasitas yang dianjurkan. apalagi berpotensi membahayakan keselamatan dalam perjalanan.
  8. Paastikan kembali tidak ada perlengkapan yang tertinggal dan berdoalah sebelum memulai perjalanan mudik.
  9. Selalu waspada dan hati-hati dalam perjalanan, sopan, tidak ugal-ugalan dalam berkendara, patuhi rambu-rambu lalu lintas serta arahan petugas.
  10. Beristirahatlah di tempat yang aman jika merasa lelah atau mengantuk . lanjutkan perjalanan setelah anda cukup beristirahat, makan minum dan sudah merasa fit kembali.
  11. Secara berkala cek bahan bakar kendaraan. Isi kembali bahan bakar kendaraan saat diperlukan agar anda tidak kehabisan bahan bakar di lokasi yang jauh dari SPBU.
  12. Sesampainya di kampung halaman, beristirahatlah yang cukup sebelum melakukan aktivitas-aktivitas seperti bersilaturrahmi atau berwisata.
Dengan mengikuti tips mudik aman menggunakan kendaraan pribadi di atas, mudah-mudahan anda akan selamat dan sehat sampai tujuan dan bertemu dengan keluarga dalam keadaan baik-baik saja. Utamakan keselamatan, keluarga anda menunggu di tempat tujuan.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *