Tips dan Cara agar blog cepat terindeks google

Tips dan Cara agar blog cepat terindeks google

Setelah mengetahui bagaimana cara mesin pencari google bekerja ,tentu sekarang kita menjadi lebih tahu bagaimana agar blog kita bisa berada di halaman pencarian. Google melakukan crawling dan indexing untuk menelusuri dan mengumpukan data pada database mereka. Namun semakin banyak orang yang tahu cara kerja google ,semakin sulit juga daya saing yang ada, berikut ini adalah tips dan cara agar blog cepat terindeks google.

Cara agar blog cepat terindeks google

  1. Submit ke sitemap webmaster google : sitemap adalah sebuah peta situs yang berisi lini-link anda ,dengan melakukan sitemap ,google akan cepat mengenali link-link anda yang harus di indeks.
  2. Link Building Agar Postingan Cepat Terindex Mesin Pencari : agar cepat terindex anda harus melakukan link building ke halaman post anda, jangan hanya mencari link mengarah ke homepage saja, carilah link dofollow yang mengarah ke konten anda. Hal ini akan menjadikan blog anda menjadi populer dan terpercaya di mata google, Google sangat gemar dengan blog/web yang mempunyai link dofollow yang relevan yang mengarah ke halaman blog anda dan Google Pagerank pun bisa didapatkan.
  3. internal Linking Dalam Halaman Blog/Website :apabila halaman baru pada situs anda ingin cepat terindeks maka dengan melakukan teknik intrnet lingking ke halaman baru akan sangat berguna. Sebutkan halaman baru anda dengan anchor text link, dan perbarui (update) halaman yang sudah terindeks sebelumnya dengan menyertakan link ke halaman baru anda (pastikan pembahasan pada konten anda sebelumnya relevan dengan konten anda yang baru). Linking halaman situs anda bukan hanya tentang membangun external backlink. Hal yang sangat penting juga adalah membangun link dalam website anda (internal linking) yang akan mengingatkan mesin pencari tentang kehadiran konten baru pada situs anda.      Catatan : Namun saat melakukan internet lingking jangan terlalu sering mengirim link ke halaman baru anda atau juga sebaliknya ,karena bisa menjadi boomerang, google bisa mengetahui link mana yang tidak natural dan mencari sumbernya, lalu akan memberikan punishment kepada situs berkaitan.
  4. Social bookmarking : gunakan social media yang anda miliki untuk mempromosikan artikel dan konten terbaru dari blog anda, Share atau bagikan ke sosial media, seperti : facebook, twitter, pinterrest, LinkeIn dan lain-lain. Sosial media adalah tepat yang paling mudah dilihat orang, sekaligus sangat efektif untuk membagikan sesuatu.
  5. Update konten secara berkala : Pastikan anda memperbarui situs anda secara berkala, konten yang fresh dan informatif adalah hal penting untuk mendapatkan halaman baru diindeks. apabila konten yang ada pada blog anda sudah sangat lama maka search engine tidak akan menjelajahi (mengcrawl) blog anda secara teratur, Di sisi lain, jika anda menjaga blog anda untuk tetap update dan diperbarui (meskipun memperbarui halaman indeks) maka web spider akan terus datang kembali. Itulah adalah sebab kenapa banyak blog yang memilki peringkat bagus dan konten nya terindeks cepat, tidak lain adalah karena si pemilik blog sering memperbarui situs mereka dengan konten baru yang segar.
  6. Mobile Friendly dan Responsive Design : Tidak bisa dipungkiri lagi, pengguna gadget smartphone dan tablet sekarang sudah melebihi dari pengguna komputer PC dan laptop, maka wajib bagi blogger sekarang untuk mengubah template lama dengan yang lebih responsive dan mobile friendly agar visitor yang berkunjung ke situs/blog tidak kesulitan untuk melihat konten yang ada di blog kita, apalagi sekarang Google sudah menerapkan algoritma MOBILEGEDDON yang meharuskan membuat website/blog yang mobile friendly dan tentu saja berpengaruh besar pada SEO Onpage dan ranking kita di Google search khususnya mobile search. Jadi buat anda yang masih menggunakan template lama silahkan di-upgrade agar bisa mobile friendly dan agar cepat terindeks Google.

Mobile Friendly dan Responsive Design adalah penutup dari tips dan Cara agar blog cepat terindeks google, bagi anda yang ingin cepat terindeks blog dan kontenya bisa melakukan cara ini, bila berhasil dan melakukannya dengan benar maka anda akan cepat terindeks.

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *