Tips Optimasi Artikel/Postingan di Blog Agar SEO Friendly

Tips Optimasi Artikel/Postingan di Blog Agar SEO Friendly

Menulis artikel yang bersahabat dengan SEO sangat berpengaruh untuk SERP. Selain menulis konten agar SEO Friendly juga ada baiknya menulis konten/artikel yang enak dibaca. Banyak blogger yang mengutamakan SEO saja dalam menulis postingan tanpa memperhatikan kenyamanan pengunjung ketika membacanya.

Tips Optimasi Artikel/Postingan di Blog Agar SEO Friendly

Dalam artikel ini, saya akan mencoba share tips optimasi postingan agar seo friendly. Postingan ini saya tulis berdasarkan pengalaman menulis di blog yang saya kelola. Baiklah, berikut ini cara optimasi artikel di blog agar SEO Friendly.
Tips Optimasi Artikel

Gunakan Permalink URL SEO.

Ketika mempublikasikan artikel blog pada blogger, jumlah karakter yang diperbolehkan sebagai URL halaman blog terbatas. Sementara itu, URL halaman blog selalu mengikuti karakter dari judul halaman blog yang ditulis. Oleh karena itu, Anda membutuhkan permalink URL yang SEO. Contohnya , dalam artikel  Tips Optimasi Artikel/Postingan di Blog Agar SEO Friendly secara default , URL nya adalah https://www.semutijo.com/2014/12/tips-optimasi-artikel-postingan-di-blog.html  ,,, supaya SEO Friendly, maka kita ubah secara manual URLnya menjadi https://www.semutijo.com/2014/12/tips-optimasi-artikel-postingan-di-blog-agar-seo-friendly.html . Untuk Setting Permalink bisa dilihat di sebelah kanan kolom postingan kita dan pilih custom Permalink.

Gunakan Kata kunci dengan format heading.

Pecah isi materi dalam konten blog ke dalam beberapa kerangka isi. Setelah itu, tulis kerangka isi materi tersebut menggunakan format heading , H1, H2, H3, dan seterusnya.  

Deskripsi konten blog.

Masukan deskripsi singkat tentang isi materi konten blog yang Anda buat. Deskripsi ini akan muncul pada SERP dan berguna sebagai penjelasan bagi calon pembaca yang hendak mengunjungi blog Anda.

Cetak tebal, miring, dan garis bawah pada keyword.

Tetapkan keyword pada tulisan konten blog yang Anda buat. Setelah itu, beri tanda cetak tebal, miring, dan garis bawah pada keyword tersebut untuk memberi penekanan sehingga pembaca dan robot mesin pencari akan menganggap itu penting. Akan tetapi, gunakan keyword yang sewajarnya agar konten blog tersebut tidak dicap sebagai konten spam.

Optimalisasi gambar.

Untuk mengoptimasi gambar/image, blogger sudah menyediakan fasilitas optimasi. Caranya, ketika kita menggunakan konten image dalam postingan, klik gambar tersebut, akan ada beberapa pilihan .klik properties, masukkan alt dan title text dengan keyword anda.

Gunakan Link Internal.

Usahakan untuk menautkan sebuah link pada konten blog yang mengarah pada halaman lain di blog Anda. Dengan adanya internal linking yang ada di dalam blog akan membuat distribusi PageRank dari halaman depan merata ke semua halaman lainnya. Selain itu, internal linking juga memudahkan pembaca dan robot mesin pencari untuk menelusuri setiap halaman yang ada di blog Anda.
Itulah beberapa tips optimasi artikel agar SEO Friendly. semoga bermanfaat bagi sobat blogger semua.

5 Comments

    1. mungkin bukan ke index blog ya gan pengaruhnya,, tapi artikel yang panjang dan berkualitas sangat mempengaruhi posisi SERP di google, jadi bukan ke indexnya. blog dengan artikel pendek juga bisa cepet keindex kalo pinter ngelolanya, thanks udh berkunjung sob

  1. kalau di blogger untuk buat artikel yang SEO ribet y gan? kalau di wordpress ada banyak sekali plugin yang memudahkan kita dalam membuat artikel yang seo, namun saya juga pt blog di blogger sih 😀

  2. kalau di dalam artikel di kasih lebih dari 2 link internal menuju hom page dan 3 link internal menuju artikel itu sendiri itu apakah sudah termasuk optimasi yang benar gan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *