Tips optimasi SEO agar cepat masuk ke halaman pertama

Tips optimasi SEO agar cepat masuk ke halaman pertama

Apapun blog yang anda milki dan apapun tema pada blog anda pasti tujuannya yang utama adalah memilki banyak pengunjung dan menjadikan web/blog anda populer. Dengan kebanyakan tipe pengguna internet mereka akan membuka website yang muncul pada halaman pertama, dan akan mengabaikan web lainnya. Untuk itu lah pentingnya berada pada halaman pertama mesin pencari, Artikel ini hadir untuk memberikan tips optimasi SEO agar cepat masuk ke halaman pertama. Baiklah langsung saja tanpa berlama-lama lagi, baca tips di bawah ini untuk mengetahui rahasianya.

Tips optimasi SEO agar cepat masuk ke halaman pertama

Halaman pertama
Halaman pertama

1.Keyword pada title tag yang di letakkan pada awal suku kata

Supaya blog cepat berada di halaman pertama mesin pencari , salah satu caranya adalah dengan menaruh kata kunci yang kita targetkan pada Title tag, ini adalah optimasi on page yang baik dan usahakan juga agar kata kunci diletakkan pada kata pertama title tag, untuk template SEO. Biasanya title tag akan otomatis di buat sebagai judul artikel dengan H1, dan itu saat baik di mata mesin pencari seperti google.

2.Sebaiknya artikel memilki lenih dari 1500 kata

Ini adalah hal yang tidak disukai oleh para blogger, karena membuat artikel dengan sangat panjang. Tapi tidak ada yang di raih secara instan dan mulus, semuanya butuh proses dan harus tetap bersabar. Banyak keuntungan yang di dapat ketika membuat artikel dengan banyak kata, banyak kata kunci yang bisa kita letakkan dan sisipkan pada artikel. Dan kebanyakan web yang muncul pada halaman pertama setidaknya memilki 2000 kata, Namun itulah faktanya dengan memanfaatkan artikel yang panjang, mereka menaruh kata kunci dengan banyak. Dan ini lah 3 keuntungan yang di dapat membuat aritikel yang panjang.

  • Bounce rate akan semakin turun
  • Peluang untuk di share lebih besar
  • Dwell time yang baik (Waktu kunjungan semakin lama)

3.Kecepatan loading halaman

tips optimasi SEO agar cepat masuk ke halaman pertama selanjutnya adalah mengoptimalkan loading blog, anda bisa mengeceknya di GTmetrix.com ,anda hanya perlu memasukkan link URL ke dalam kolom, untuk lengkapnya anda bisa baca di Cara mudah cek speed website/blog .Ini adalah tips yang paling mendasar, mungkin konten atau artikel yang anda sediakan memag bagus, namun percuma kalau loadingnya lelet, akan membuat pengunjung anda lari ke tempat lain yang loadingnya lebih cepat. Pada akhirnya anda akan mendapatkan bounce rate yang tinggi, dan tentu saja jumlah visitor anda akan semakin tinggi. Oleh itu selalu maintenance speed blog anda setiap hari, dan di GTmetrix juga di beritahu kemingkinan yang menyeybabkan blog/web anda lama.

4.Peletakkan Kata kunci

Meskipun sekarang ini google sudah tidak terlalu mementingkan kepadatan katakunci lagi, tapi bukan berarti harus kita abaikan dan tidak di perhatikan, Peletakkan kata kunci tetap menjadi aspek penting agar mesin pencari bisa mudah menemukan blog kita. Nah di bawa ini tips-tips nya bisa anda baca.

keyword

  • Letakkan focus keyword atau kata kunci pada URL blog, semakin singkat url maka akan semakin baik
  • Letakkan kata kunci pada 100 kata pertama di setiap artikel
  • Pakai tag H2 atau H3 pada kata kunci yang kita targetkan

Peletakkan dan penaruhan kata kunci yang tepat akan membantu mesin pencari menemukan artikel anda, karena mereka akan mengetahui bahwa anda membahas tentang kata kunci yang di cari.

5.Revelansi Backlink

Relevansi Backlink
Relevansi Backlink

Ini juga menjadi faktor penting dalam cara dan tips optimasi SEO agar cepat masuk ke halaman pertama, backlink yang berkualitas sangat berperan penting dalam hal mendapati posisi pertama di halaman pertama. cOntoh sumber backlink yang berkualitas adalah dari website yang memilki rank yang bagus sangat berguna dan membantu kita dalam menempati halaman pertama.semakin tinggi pagerank maka akan semakin baik juga artikel kita di mata mesin pencari seperti google, bing dan lainnya.

6.Dwell time (waktu kunjungan visitor)

Seperti pada tips optimasi SEO agar cepat masuk ke halaman pertama point satu ,bahwa dwell time bisa dipengaruhi oleh artikel yang panjang, tapi ingat yaa artikel panjang tapi tidak berkualitas sama saja boong. Buatlah artikel yang berisi informasi, tips, cara, dan inspiratif, niscaya visitor akan betah berada lama-lama di web anda. Dengan adanya aktifitas yang lama pada blog kita maka si robot google analytic akan mengkategorikan bahwa salah satu artikel pada blog kita memang baik, dan FYI bahwa google menjadikan dwell time sebagai signal yang baik untuk menaruh blog kita untuk layak berada di halaman pertama.

Dwell Time
Dwell Time

Tips membuat meningkatkan Dwell time :

  • Membuat artikel tidak kurang dari 1500 kata
  • Internal linking yang relevan dengan artikel yang sedang di baca, akan membuat pengunjung betah di blog anda
  • Konten original, segar, update dan di publish secara intens
  • Gunakan arsip widget untuk memudahkan pengunjung menulusuri artikel menarik lainnya
  • Navigasi blog yang informative

7.Desain Blog yang responsive

tips optimasi SEO agar cepat masuk ke halaman pertama yang terakhir dan sekaligus menjadi penutup adalah membuat blog menjadi responsive ,gunanya untuk memudahkan orang yang browsing melalui media portable seperti smartphoe, tablet dan sejenisnya.

Oke sekian tips optimasi SEO agar cepat masuk ke halaman pertama yang bisa admin sampaikan, dan semogasaja berguna buat teman-teman se profesi. Baca juga tips seputar SEO lainnya, dan semoga artikel yang lain juga bisa membantu teman-teman dan menambah wawasan bersama, bila ada tambahan untuk tips ini silahkan sampaikan di kolom comment, Thanks. Salam sukses selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *