Tips Trik Cara Mendapatkan Domain TLD Gratis

Tips Trik Cara Mendapatkan Domain TLD Gratis

Ada ungkapan yang mengatakan Hari gini apa iya masih ada yang gratis? 
Jawabannya relatif gan, bisa iya juga bisa tidak. Dalam hal ini yang saya akan bicarakan adalah mengenai cara mendapatkan domain TLD (Top Level Domain) gratis. Bagi kamu yang sedang mencari domain gratisan selevel domain.com , .net , .org dan lain-lain tak ada salahnya mencoba top level domain yang satu ini. Nama domainnya adalah domain .ga , .cf , .ml , .tk . Yaps , domain tersebut bisa kita peroleh dengan gratis tanpa biaya sedikitpun . 
Domain gratis tersebut berasal dari negara-negara afrika, seperti .ga adalah ekstensi dari negara gabon, cf dari central africa dan ml dari mali. Gak ada salahnya kamu mencoba domain gratisan ini untuk menggantikan sub domain blogspot atau wordpres kamu. Walaupun bukan domain terkenal, namun menurut saya menggunakan nama domain ini terasa lebih profesional daripada menggunakan sub domain seperti .blogspot.com . Lalu bagaimana cara mendapatkan domain gratis tersebut?

Cara Mendapatkan Domain TLD Gratis

  1. Silahkan menuju ke freenom.com
  2. ketikkan nama domain yang anda inginkan di form yang tersedia, misalnya semutijo.ml (ingat ya domain gratis yang tersedia cuma .ga , .ml , .cf , .tk , kemudian klik check availability
  3. Selanjutnya klik Checkout , dan akan menuju pilihan periode, pilihlah yang 12 bulan free selanjutnya klik continue dan silahkan ikuti petunjuk selanjutnya.
  4. Skip skip skip,, akhirnya kamu sekarang sudah punya domain gratis 
domain gratis

Silahkan kamu setting domain tersebut untuk diarahkan ke hosting sobat misalnya blogger (dijadikan custom domain) , atau hosting gratis  ataupun berbayar lainnya. 

domain gratisMau lihat demo domain gratis ini, silahkan menuju website saya sebagai demonya di download mp3 gratis . Untuk melanjutkan perpanjangan di tahun berikutnya dikenakan biaya sekitar $ 9 US per tahun.
Oh ya saya mau memberitahukan kabar yang kurang enak dengan domain di atas. Berdasarkan pengalaman dari para blogger bule maupun blogger indonesia yang menggunakan domain gratis dari freenom tersebut, Pihak freenom suka menghapus domain yang sudah kita dapatkan semau jidat . Ada beberapa blogger yang sudah mendapatkan traffik tinggi dari blognya, tiba-tiba domainnya dihapus tanpa alasan jelas. So bagi yang ingin menggunakan domain gratisan ini sebagai nama domain untuk blog/website utama , saya rekomendasikan jangan menggunakan domain ini. Silahkan anda beli saja domain .com , .net, dkk saja di penyedia domain yang sudah terpercaya. Namun jika domain ini digunakan sebagai ajang latihan atau ujicoba untuk membuat website, dipersilahkan saja , toh gak ada ruginya juga , sudah dikasih gratis kan sayang kalo gak dimanfaatkan .

Saya sendiri sudah 2 bulan menggunakan domain gratis ini (directory.ga) aman-aman saja sampai sekarang. Semua tergantung hati nurani anda. Selamat mencoba 

9 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *