Transportasi umum tanpa supir milik singapura rampung akhir tahun nanti, Indonesia?

Transportasi umum tanpa supir milik singapura rampung akhir tahun nanti, Indonesia?

Transportasi umum tanpa supir – Seperti yang kita tahu bahwa singapura adalah negara kecil yang sangat maju di kawasan asia tenggara. Memang sudah tidak membuat kaget lagi ketika negara berlambang singa ini memilki teknologi yang jauh lebih maju daripada Indonesia. Contohnya pada sektor transportasi umum yang sudah terintegrasi ke segala kawasan, memudahkan warga atau turis yang sedang berpergian.

Dan baru-baru ini beredar kabar bahwa singapura akan memilki transportasi umum tanpa supir yang diperkirakan mulai beroperasi pada akhir tahun ini. Kendaraan ini terlihat seperti mobil van yang mampu mengangkut beberapa orang didalamnya, namun yang uniknya kendaraan ini tidak dikendarai oleh supir atau masinis, kendaraan ini berjalan sesuai rute yang sudah di program. Kendaraan yang seukuran mobil van ini memang sengaja disediakan untuk menjangkau kawasan yang lebih pelososk, yang tidak bisa di akses oleh Bus ataupun MRT.

Transportasi umum tanpa awak ini di sediakan oleh SMRT selaku penyedia fasilitas transportasi layanan publik di singapura yang bekerja sama oleh perusahaan belanda. 2getthere selaku perusahaan yang memproduksi kendaraan tanpa awak atau pod telah mengumumkan bahwa perusahaanya akan membuat transportasi umum modern yang mampu menampung 24 orang, dan akan di perjual –belikan secara umum pada akhir tahun 2016.

Seperti yang dikutip dari situs mashable.com bahwa pod tanpa awak ini akan mampu mengangkut 8000 warga singapura perjamnya, dengan rute yang mampu menjemput penumpang di daerah yang dalam seperti komplek perumahan, kampus, perkantoran dan lain-lain. Namun faktanya singapura bukanlah negara pertama yang akan menggunakan transportasi umum tanpa supir ini, masdar city di Abu dhabi adalah kawasan pertama yang menggunakan pod tanpa awak ini, yang pembuatannya juga dibuat oleh 2getthere dan SMRT. Dan dibawah ini adalah video yang memperlihatkan beberapa pod yang sedang di uji coba.

INDONESIA KAPAN ?

Mungkin pertanyaan yang pertama kali setelah kita membaca berita ini adalah, Indonesia kapan yaa bisa kaya gitu? Jawabanya adalah “sabar, semua akan indah pada waktunya” . Transportasi umum di Indonesia memang terbilang sangat jadul dan lambat berkembang, bahkan untuk ibu kota sekalipun transportasinya tidak terlalu memuaskan masyarakat, makanya tidak heran banyak warga yang lebih memilih kendaraan pribadi, karena alasan lebih nyaman dan bisa menjangkau tujuan lebih cepat.

transportartasi umum

Faktanya transportasi modern dan nyaman tidak merata pengoperasiannya untuk segala kawasan, bahkan kendaraan umum seperti angkot, dan bis kota cenderung sudah tidak layak pakai bahkan mungkin bisa mencelakakan para penumpang. Pastinya kita berharap semoga transportasi umum dapat diperbaiki agar orang-orang bisa berpergian dengan aman dan nyaman dengan menggunakan kendaraan umum,  yaa minimal mendekati singapura dan beberapa negara maju lainnya.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *