Tutorial dan Cara Menambah RAM Laptop di Windows 8

Tutorial dan Cara Menambah RAM Laptop di Windows 8

Cara menambah RAM laptop di windows 8 – Meningkatkan kinerja komputer dapat dilakukan dengan berbagai cara. Jika kapasitas hardware RAM sudah mumpuni, dapat dikatakan bahwa upgrade tidak diperlukan, namun jika RAM masih terbatas Anda perlu mengetahui cara menambah ram laptop windows 8. Windows 8 adalah OS yang sudah cukup mutakhir dimana keseluruhan sistemnya telah berjalan secara otomatis termasuk ketika kinerja komputer memerlukan RAM yang lebih besar dari RAM yang tersedia. Secara default Windows 8 akan mengalihkan sebagian konsumsi RAM ke dalam pagging file. Hal ini akan mengembalikan performa hardware RAM yang sebelumnya telah mencapai titik maksimal. Dengan menggunakan pagging file atau virtual memory, kinerja laptop atau komputer Anda akan menjadi semakin ringan.

Sebagai pengguna Windows 8, sebenarnya kita telah dimanjakan oleh fitur bawaan virtual memory yang telah disematkan Windows pada semua versi Windows 8. Namun bagi Anda yang senang menggunakan komputer untuk pengolahan data berat seperti editing, grafis dan lainnya, maka kapasitas RAM serta pengaturan virtual memory akan sangat diperlukan. Untuk itu cara menambah ram laptop windows 8 harus Anda ketahui, terutama langkah-langkahnya. Jika Anda ingin menerapkannya untuk laptop atau PC, berikut tutorial yang bisa Anda simak.

Langkah-Langkah Cara Menambah Ram Laptop Windows 8

  1. Untuk menuju pada menu pengaturan virtual memory, Anda harus membuka jendela Sistem melalui menu Control Panel. Untuk lebih singkatnya, Anda bisa menggunakan tombol shortcut Win+Pause Break. Setelah tombol dan menu tersebut ditekan maka akan keluar spesifikasi singkat PC dan beberapa menu untuk mengatur sistemnya.

cara menaikan ram di windows 8 (1)

 

  1. Pada sebelah kiri jendela terdapat beberapa menu dan salah satu diantaranya adalah Advanced sistem settings. Menu inilah yang harus Anda buka selanjutnya.

cara menaikan ram di windows 8 (2)

 

  1. Setelah menu tersebut dibuka maka akan keluar jendela pengaturan secara Advance. Pada jendela tersebut Anda akan menemukan beberapa sub menu antara lain Performance, User Profiles, Startup and Recovery serta menu Environment Variables. Menu yang harus Anda pilih untuk cara menambah ram laptop windows 8 adalah menu teratas yaitu Performance. Klik tombol Setting di bawah menu tersebut.

cara menaikan ram di windows 8 (3)

 

  1. Selanjutnya akan muncul jendela baru yang masih dalam satu menu Performance. Di dalam menu tersebut ada beberapa pilihan dan Anda hanya perlu mengklik tombol change yang terletak pada bagian paling bawah dari jendela tersebut.

cara menaikan ram di windows 8 (4)

  1. Tak lama akan tertampil menu untuk pengaturan Virtual Memory. Disinilah cara menambah ram laptop windows 8 sangat penting untuk diperhatikan. Anda bisa memulai dengan menghilangkan centang pada menu Automatically manage paging file for all drives. Selanjutnya Anda bisa memilih Drive yang akan dipakai untuk virtual memory.

cara menaikan ram di windows 8 (5)

 

  1. Pastikan drive tersebut cukup longgar, setelah itu klik menu custom size dan atur besaran memori yang akan Anda gunakan sebagai virtual memory. Semakin besar space yang Anda gunakan, maka semakin besar pula kapabilitas RAM dalam menjalankan program-program windows yang cukup memberatkan RAM.
  1. Setelah pengaturan selesai, Anda bisa memilih tombol Set dan OK untuk mengakhirinya.

Sebelum Anda menikmati hasil perubahan dari virtual memory yang telah diatur, Anda harus melakukan restart PC terlebih dahulu. Pastikan semua program telah tertutup dan tersimpan. Restart PC Anda dan rasakan perbedaannya dengan menjalankan applikasi atau software yang mengkonsumsi RAM tinggi. Meski performanya tidak seefektif RAM dalam bentuk hardware, namun fitur cara menambah ram laptop windows 8 yang sudah disematkan dari Microsoft ini cukup bermanfaat. sekian info dari semutijo baca juga Tips dan trik lainnya dan download software gratsi disini

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *