Yahoo Singirkan Google Sebagai Halaman Default Mozilla Firefox

Yahoo Singirkan Google Sebagai Halaman Default Mozilla Firefox

Baru-baru ini yahoo telah melaksanakan kerjasama dengan Mozilla Firefox. Browser favorit netter ini akan menampilkan yahoo sebagai halaman default ketika kamu pertama kali membuka mozilla. Sebelumnya Mozilla memasang google sebagai search engine (mesin pencari) di halaman default mereka.
Seperti dikutip reuters, kerjasama yahoo dan mozilla ini akan berlangsung selama 5 tahun dan dimulai pada bulan Desember 2014 nanti. Meski demikian, pengguna Firefox masih dapat mengubah pengaturan mesin pencari default tersebut dengan Google. Kabarnya, Mozilla menggunakan mesin pencari yang berbeda untuk tiap negara, yakni Rusia dengan Yandex dan China dengan Baidu Search.

yahoo mozilla

Google telah menjadi mesin pencari default di browser Mozilla Firefox sejak 10 tahun terakhir ini. Hal ini sebenarnya adalah hasil kesepakatan antara Google dan Mozilla. Tahun 2011 lalu Google menawarkan dana USD 300 juta per tahun pada Mozilla agar Google tetap digunakan sebagai mesin pencari dafult. Namun kini kesepakatan tersebut telah berakhir.
Saat ini Firefox bukan lagi sebagai browser terbesar kedua setelah Internet Explorer dan pangsa pasarnya menyusut cukup signifikan, yakni dari 30% menjadi 20%. Hal ini membuat Google memandang kesepakatan dengan Mozilla tak lagi penting. Google sendiri telah memiliki browser Chrome yang sukses menguasai 45% pangsa pasar.
Menurut perusahaan teknologi data StatCounter, bulan lalu Firefox memiliki 10,4 persen pasar browser AS untuk piranti komputer personal, telepon seluler kebanyakan maupun kelas cerdas (smartphone) dan tablet. Sementara browser Google Chrome memimpin dengan cakupan 33,5 persen.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *